Selasa, 21/05/2024 10:47 WIB

Ukraina Tunjukkan Video Sekutu Dekat Putin Minta Ditukar dengan Pasukan Ukraina di Mariupol

Mariupol telah menjadi simbol perlawanan sengit Ukraina yang tak terduga sejak pasukan Rusia menginvasi bekas negara Soviet dan negara pro-demokrasi pada 24 Februari.

Medvedchuk dikenal dekat dengan Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: AFP/File/Sergei SUPINSKY)

KYIV, Jurnas.com - Ukraina menayangkan video yang menunjukkan Viktor Medvedchuk, seorang taipan pro-Rusia yang ditahan dan sekutu Presiden Vladimir Putin, meminta pertukaran dengan evakuasi warga sipil dan pasukan di Kota Mariupol yang terkepung.

Mariupol telah menjadi simbol perlawanan sengit Ukraina yang tak terduga sejak pasukan Rusia menginvasi bekas negara Soviet dan negara pro-demokrasi pada 24 Februari.

"Saya ingin meminta Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Vladimir Zelenskyy untuk menukar saya dengan para pembela Ukraina dan penduduk Mariupol," katanya dalam video yang diterbitkan oleh dinas keamanan Kyiv.

Medvedchuk pada video tersebut mengenakan pakaian hitam dan melihat langsung ke kamera.

Medvedchuk, yang melarikan diri dari tahanan rumah setelah invasi Rusia dan ditahan pekan lalu, mengatakan pasukan dan penduduk di sana tidak memiliki kemungkinan untuk keluar dengan aman melalui koridor kemanusiaan.

Medvedchuk adalah salah satu orang terkaya di Ukraina dan dikenal dekat dengan Putin. Ia juga seorang politikus.

Ia mengatakan Putin adalah ayah baptis putri bungsunya, Darya.

Kremlin sebelumnya menolak gagasan untuk menukarnya dengan orang-orang Ukraina yang ditahan oleh Rusia, dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy melontarkan gagasan pertukaran itu.

Secara terpisah, TV pemerintah Rusia menyiarkan sebuah video pada Senin tentang apa yang digambarkan sebagai "orang Inggris" yang merekam pertempuran untuk Ukraina menuntut Perdana Menteri Boris Johnson merundingkan pembebasan mereka.

Dua pria yang ditampilkan dalam video tersebut meminta untuk ditukar dengan Medvedchuk, yang telah dituduh berkhianat dan berusaha mencuri sumber daya alam dari Krimea yang dicaplok Rusia dan menyerahkan rahasia militer Ukraina ke Moskow.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Viktor Medvedchuk Taipan Pro-Rusia Ukraina Vladimir Putin.




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :