Senin, 17/06/2024 07:19 WIB

Zayn Malik Gugup Gelar Konser Solo Pertama Kali Sejak Keluar dari One Direction

Zayn Malik Gugup Gelar Konser Solo Pertama Kali Sejak Keluar dari One Direction
 

Zayn Malik Gugup Gelar Konser Solo Pertama Kali Sejak Keluar dari One Direction. (FOTO: ROLLING STONE)

JAKARTA - Konser Solo terbaru Zayn Malik merupakan pencapaian penting dalam lebih dari satu hal.

Konser dengan tiket yang terjual habis, yang diadakan pada hari Jumat (17/5/2024), di Shepherd`s Bush Empire, London, bukan hanya Konser Solo pertama penyanyi tersebut, tetapi juga konser pertamanya sejak ia meninggalkan One Direction pada tahun 2015.

Zayn Malik (31) naik panggung di venue London Barat untuk membawakan lagu-lagu dari album terbarunya, Room Under the Stairs, untuk pertama kalinya kepada para penggemar di malam yang ia juluki “tak terlupakan” dalam postingan Instagram.

Dalam cuplikan pertunjukan bersejarah yang diambil oleh penggemar, Zayn Malik juga mengatakan kepada penonton, “Saya melewatkan ini.”

Dan, dalam cuplikan yang dia bagikan sendiri, dia juga berterima kasih kepada para penggemarnya atas “semua cinta dan dukungan selama bertahun-tahun,” dan untuk menunggu – mengakui bahwa dia tahu itu “butuh waktu cukup lama.”

“Ini malam yang menyenangkan,” katanya di konser.

“Saya sangat berterima kasih kepada Anda semua, dan saya harap malam Anda menyenangkan.”

Sejak bersolo karir lebih dari sembilan tahun yang lalu, Zayn Malik telah merilis beberapa proyek solo dan menduduki puncak tangga lagu dengan lagu-lagu hitsnya termasuk “PILLOWTALK” dan “Dusk Till Dawn,” namun menghindari tampil di atas panggung.

Meskipun jarang, sang musisi sesekali melakukan pertunjukan live (termasuk satu set di Wango Tango pada bulan Mei 2016, pertunjukan di The Voice beberapa hari kemudian, dan baru-baru ini membagikan membawakan lagu baru, “What I Am” ) tetapi tidak ada konser utama — hingga saat ini.

Setelah ia pertama kali bersolo karier pada tahun 2015 — meninggalkan One Direction di tangan rekan bandnya Harry Styles, Liam Payne, Niall Horan, dan Louis Tomlinson — musisi tersebut menjadwalkan beberapa pertunjukan live (termasuk penampilan konser amal di Dubai dan, yang tak terlupakan, set di Summertime Ball 2016) namun menarik diri dari acara tersebut, dengan alasan kecemasan sosial.

Dalam pernyataan resmi yang mengumumkan pengunduran dirinya dari Summertime Ball, Zayn Malik berkata, “Sayangnya, kecemasan yang menghantui saya selama beberapa bulan terakhir seputar pertunjukan live telah menguasai saya,” seraya menambahkan bahwa “dengan besarnya acara tersebut, saya telah menderita kecemasan terburuk dalam karier saya.”

“Saya tidak bisa cukup meminta maaf, namun saya ingin jujur kepada semua orang yang telah dengan sabar menunggu untuk bertemu dengan saya. Saya berjanji akan melakukan yang terbaik untuk menebus semua orang yang telah saya kecewakan hari ini,” lanjutnya.

“Saya tahu mereka yang menderita kecemasan akan memahaminya, dan saya berharap mereka yang tidak mengalami kecemasan dapat berempati dengan situasi saya.”

Berkaca pada situasi dalam bukunya "Zayn", Zayn Malik mengatakan dia “tidak bisa berfungsi.”

“Saya merasa sangat frustrasi karena, bahkan sekarang saya sudah berterus terang tentang masalahnya, beberapa orang masih menemukan alasan untuk meragukannya,” katanya tentang perjuangannya melawan kecemasan.

“Tapi itulah kejamnya industri.”

Juga dalam biografi tahun 2016, Zayn Malik mengingat bahwa kecemasannya menjadi lebih terkendali selama masa boybandnya, dengan menulis, “Ketika saya berada di One Direction, masalah kecemasan saya sangat besar tetapi, dalam jaring pengaman band, setidaknya masalah tersebut dapat diatasi.”

“Sebagai pemain solo, saya merasa jauh lebih terbuka, dan tekanan psikologis saat tampil menjadi terlalu berat untuk saya atasi – setidaknya pada saat itu,” tambahnya.

Baru-baru ini, Zayn Malik membahas hubungannya dengan penampilan live di podcast Call Her Daddy, mengungkapkan bahwa dia “masih gugup” untuk kembali ke atas panggung.

“Aku merasa punya sesuatu untuk diberikan dan aku ingin naik panggung dan berada di sana lagi dan merasakannya,” kata Zayn Malik dalam episode Juli 2023.

“Satu hal yang bisa aku katakan, basis penggemarku selalu mendukung dengan cara itu.”

“Mereka selalu berkata, `Kami di sini, kami punya kamu. Seperti, ketika Anda sudah siap, kami punya Anda,`” katanya tentang para pendukungnya, sambil menambahkan, “Saya pasti merasakan cinta itu. Saya siap membuktikan orang-orang ini benar.”

Album terbaru Zayn Malik "Room Under the Stairs" melalui Mercury Records rilis pada 17 Mei 2024. (*)

 

KEYWORD :

Seputar Musik Kabar Artis Zayn Malik One Direction Konser Solo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :