Senin, 17/06/2024 11:10 WIB

Prosesi Pemakaman Presiden Iran Berlangsung di Tengah Krisis Ketidakpuasan Publik

Prosesi Pemakaman Presiden Iran Berlangsung di Tengah Krisis Ketidakpuasan Publik

Foto mendiang Presiden Iran Ebrahim Raisi terlihat di peti matinya saat upacara pemakaman yang diadakan di Tabriz, Provinsi Azerbaijan Timur, Iran, 21 Mei. WANA via Reuters

DUBAI - Ribuan warga Iran berkabung atas Presiden Ebrahim Raisi di kota Tabriz pada Selasa, setelah dia tewas dalam kecelakaan helikopter di dekat perbatasan Azerbaijan pada akhir pekan bersama menteri luar negerinya dan tujuh orang lainnya.

TV pemerintah menyiarkan gambar langsung para pelayat, banyak dari mereka berpakaian hitam, memukuli dada mereka sementara sebuah truk bertaburan bunga putih yang membawa peti mati berbalut bendera nasional melaju perlahan melewati kerumunan.

“Semua orang datang untuk mengucapkan selamat tinggal kepada presiden yang syahid dan rekan-rekannya tanpa memandang faksi, etnis atau bahasa mereka,” kata anggota parlemen Tabriz Masoud Pezeshkian.
Namun, meskipun TV pemerintah mengatakan kerumunan besar muncul di Tabriz, beberapa orang dalam melihat kesedihan publik yang sangat kontras dibandingkan dengan peringatan kematian tokoh senior lainnya dalam 45 tahun sejarah Republik Islam di masa lalu.

Jenazah Raisi diterbangkan dari Tabriz, kota besar terdekat dengan lokasi kecelakaan, ke bandara Teheran sebelum menuju ke kota suci Muslim Syiah, Qom. Dari sana, ia akan kembali ke ibu kota untuk disemayamkan di Masjid Agung Mosalla Teheran sebelum dipindahkan ke kampung halamannya di Mashahd, di Iran timur, untuk dimakamkan pada hari Kamis.

Para pelayat membawa poster bergambar Raisi, Menteri Luar Negeri Hossein Amirabdollahian, imam salat Jumat di kota Tabriz dan pejabat lainnya yang juga tewas dalam kecelakaan itu.

Kematian presiden terjadi pada saat krisis yang semakin mendalam antara kepemimpinan ulama dan masyarakat luas mengenai berbagai masalah mulai dari pengetatan kontrol sosial dan politik hingga kesulitan ekonomi.

Untuk memulihkan legitimasi yang rusak menyusul rendahnya jumlah pemilih, yaitu sekitar 41% pada pemilu parlemen bulan Maret, para penguasa Iran harus membangkitkan antusiasme masyarakat untuk mendapatkan partisipasi yang tinggi dalam pemilu presiden awal yang akan diadakan pada tanggal 28 Juni.

Namun masyarakat Iran masih memiliki kenangan menyakitkan tentang penanganan kerusuhan nasional yang dipicu oleh kematian seorang wanita muda Iran-Kurdi dalam tahanan pada tahun 2022, yang dapat diatasi dengan tindakan keras negara yang melibatkan penahanan massal dan bahkan eksekusi.

Kemarahan masyarakat yang meluas terhadap memburuknya standar hidup dan korupsi yang meluas mungkin juga membuat banyak warga Iran tetap berada di rumah.

Beberapa analis mengatakan jutaan orang telah kehilangan harapan bahwa ulama yang berkuasa di Iran dapat menyelesaikan krisis ekonomi yang dipicu oleh kombinasi sanksi AS, salah urus, dan korupsi.

Raisi menerapkan kebijakan garis keras dari mentornya, Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, yang bertujuan untuk memperkuat kekuasaan ulama, menindak lawan-lawannya, dan mengambil sikap keras terhadap isu-isu kebijakan luar negeri seperti perundingan nuklir dengan Washington untuk menghidupkan kembali pakta nuklir Iran pada tahun 2015.

Kandidat mana pun yang ikut pemilu harus terlebih dahulu diperiksa oleh Dewan Wali, sebuah badan pengawas garis keras yang sering mendiskualifikasi pejabat-pejabat terkemuka yang konservatif dan moderat, yang berarti arah kebijakan secara luas kemungkinan besar tidak akan berubah.

Meskipun secara luas dipandang sebagai kandidat utama untuk mengambil alih kepemimpinan pemimpin tertinggi berusia 85 tahun itu ketika ia meninggal, dua sumber mengatakan nama Raisi telah dihapus dari daftar calon penerus sekitar enam bulan lalu karena popularitasnya yang menurun.

Kematian Raisi telah menimbulkan "ketidakpastian besar" dalam suksesi, kata para analis, sehingga memicu persaingan di kubu garis keras mengenai siapa yang akan menggantikan Khamenei sebagai otoritas tertinggi negara tersebut.

KEYWORD :

Presiden Iran Raisi Helikopter Jatuh




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :