Kamis, 18/07/2024 16:01 WIB

Pemimpin Hamas Sebut Siap Capai Kesepakatan soal Gencatan Senjata Usulan AS

Pemimpin Hamas Sebut Siap Capai Kesepakatan soal Gencatan Senjata Usulan AS

Pemimpin utama kelompok Palestina Hamas, Ismail Haniyeh di Teheran, Iran 27 Maret 2024. WANA via REUTERS

KAIRO - Tanggapan Hamas terhadap proposal gencatan senjata terbaru di Gaza konsisten dengan prinsip-prinsip yang dikemukakan dalam rencana Presiden AS Joe Biden, kata pemimpin kelompok yang berbasis di Qatar Ismail Haniyeh dalam pidato yang disiarkan televisi pada kesempatan menyambut Idul Adha pada hari Minggu.

“Hamas dan kelompok (Palestina) siap untuk mencapai kesepakatan komprehensif yang mencakup gencatan senjata, penarikan diri dari Jalur Gaza, rekonstruksi wilayah yang hancur, dan kesepakatan pertukaran komprehensif,” kata Haniyeh, mengacu pada pertukaran sandera Israel dengan tahanan Palestina.

Pada tanggal 31 Mei, Biden memaparkan apa yang disebutnya proposal “tiga fase” Israel yang akan mencakup negosiasi gencatan senjata permanen di Gaza serta pertukaran sandera Israel secara bertahap dengan tahanan Palestina yang ditahan di Israel.

Mesir dan Qatar – yang bersama dengan Amerika Serikat menjadi penengah antara Hamas dan Israel – mengatakan pada 11 Juni bahwa mereka telah menerima tanggapan dari kelompok Palestina terhadap rencana AS, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Meskipun Israel mengatakan Hamas menolak elemen-elemen penting dari rencana AS, seorang pemimpin senior Hamas mengatakan kepada Reuters bahwa perubahan yang diminta kelompok tersebut “tidak signifikan”.

KEYWORD :

Israel Palestina Gencatan Senjata Hamas Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :