Rabu, 24/07/2024 08:01 WIB

SDN 3 Klaling Tekankan Kolaborasi dalam Penerapan Kurikulum Merdeka

Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 3 Klaling, Kudus, mendapatkan sambutan positif dari siswa dan orang tua peserta didik.

Mahasiswa Kampus Mengajar di SDN 3 Klaling Kudus (Foto: Muti/Jurnas.com)

Kudus, Jurnas.com - Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Negeri 3 Klaling, Kudus, mendapatkan sambutan positif dari siswa dan orang tua peserta didik. Sebab, dengan kurikulum ini sekolah bisa melakukan kolaborasi untuk memetakan kebutuhan siswa selama proses pembelajaran.

Demikian disampaikan Kepala SDN 3 Klaling, Dinna Amriyati, saat ditemui di sela-sela Presstour Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) di Kudus, Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

SDN 3 Klaling Kudus menerapkan Kurikulum Merdeka setelah mendapatkan pengimbasan dari satuan pendidikan lainnya. Dinna menyebut Kurikulum Merdeka dalam penerapannya lebih baik karena adanya pembelajaran berdiferensiasi dan asesmen.

"Kurikulum Merdeka ini bagusnya bisa dilaksanakan, bisa dilanjutkan. Karena keterkaitan dengan pihak orang tua, murid, dan guru, kolaborasi ketiganya bisa terlaksana dan bisa lebih tahu kebutuhan apa yang bisa diberikan kepada anak," kata Dinna.

Guna menambal kekurangan dari aspek kompetensi guru, lanjut Dinna, SDN 3 Klaling mendorong para guru untuk mengikuti pelatihan, seminar, yang dilaksanakan oleh gugus terdekat. Termasuk pula memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang dimiliki Kemdikbudristek.

"Awalnya guru-guru kesulitan dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Tapi, lambat laun bisa berjalan dengan baik," ujar Dinna.

Saat ini, SDN 3 Klaling menerima sejumlah mahasiswa yang sedang melaksanakan Kampus Mengajar. Dinna mengakui keberadaan para mahasiswa ini cukup membantu guru dalam kegiatan belajar mengajar.

Salah satunya, mahasiswa berbagi kemampuan teknologi informatika (IT) kepada para guru yang belum menguasai kompetensi ini. Sehingga, diharapkan ketika nantinya mereka sudah menyelesaikan tugas Kampus Mengajar, para guru ini mampu memahami IT.

"Saya salut sekali dengan apa yang dikerjakan oleh para mahasiswa. Di satu sisi pihak mahasiswa diuntungkan, di satu sisi SD juga diuntungkan. Kenapa? Program yang diajukan itu tidak hanya satu atau dua, tapi puluhan, dan semua satu per satu dilaksanakan," kata Dinna.

KEYWORD :

Kurikulum Merdeka SDN 3 Klaling Kabupaten Kudus Kemdikbudristek




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :