Selasa, 21/05/2024 10:04 WIB

Erdogan Minta NATO Pahami Penolakan Turki

Erdogan Minta NATO Pahami Penolakan Turki

Presiden Turki Tayyip Erdogan berbicara selama konferensi pers setelah KTT NATO, di Brussels, Belgia, pada 24 Maret 2022. (Foto: REUTERS/Gonzalo Fuentes)

Ankara, Jurnas.com - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan meminta negara-negara NATO menghormati penolakan yang dilakukan negaranya, terhadap permintaan Swedia dan Finlandia bergabung dengan aliansi tersebut.

Dalam sebuah pidato pada Rabu (18/5), Erdogan menyebut penolakan itu terkait dengan masalah keamanan. Dia juga mengulangi pandangannya, bahwa delegasi Swedia dan Finlandia tak perlu repot-repot datang ke Turki untuk membahas masalah tersebut.

"Satu-satunya harapan kami dari sekutu NATO ialah, pertama-tama memahami kepekaan kami, menghormati dan akhirnya mendukungnya," ujar Erdogan dikutip dari AFP.

Swedia, lanjut Erdogan, juga seharusnya tidak mengharapkan Turki untuk menyetujui permintaan negara itu bergabung dengan NATO. Dia bahkan menyebut Swedia sarang teroris.

Dilansir dari BBC, Turki menuduh kedua negara Nordik itu menyembunyikan anggota Partai Pekerja Kurdistan (PKK), sebuah kelompok yang dipandangnya sebagai organisasi teroris, dan pengikut Fethullah Gulen, yang dituduh Ankara mengatur upaya kudeta 2016.

Menurut kantor berita resmi Turki, baik Finlandia maupun Swedia telah menolak lusinan permintaan untuk mengekstradisi militan Kurdi, yang disebut Turki sebagai teroris.

Tanpa dukungan semua anggota NATO, Swedia dan Finlandia tidak dapat bergabung dengan aliansi militer, meskipun Presiden AS Joe Biden kemarin mengatakan dia yakin konsensus dapat dicapai.

KEYWORD :

Erdogan Turki NATO Swedia Finlandia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :