Jum'at, 26/04/2024 16:05 WIB

Putaran II Pemilu Turki, Erdogan Vs Kilicdaroglu

Erdogan, 69, menentang jajak pendapat dan keluar dengan nyaman dengan keunggulan hampir lima poin atas saingannya Kemal Kilicdaroglu

Recep Tayyip Erdogan menyampaikan sambutan pada upacara yang menandai pengiriman bahan bakar ke pembangkit nuklir, di Ankara, Türkiye, 27 April 2023 (AFP / Kantor Pers Kepresidenan Turki)

ANKARA - Rakyat Turki pada hari ini memberikan suara dalam pemilihan presiden putaran kedua. Warga akan menyaksikan apakah Tayyip Erdogan memperpanjang kekuasaannya hingga dekade ketiga dan mengintensifkan jalur Turki yang semakin otoriter, kebijakan luar negeri yang kuat, dan tata kelola ekonomi yang tidak ortodoks.

Erdogan, 69, menentang jajak pendapat dan keluar dengan nyaman dengan keunggulan hampir lima poin atas saingannya Kemal Kilicdaroglu di putaran pertama pada 14 Mei. dengan konsekuensi mendalam bagi Turki sendiri dan geopolitik global.

Penampilannya yang tak terduga kuat di tengah krisis biaya hidup yang dalam, dan kemenangan dalam pemilihan parlemen untuk koalisi Partai AK (AKP) yang berakar dari Islam konservatif, MHP nasionalis dan lainnya, mendukung juru kampanye veteran yang mengatakan bahwa dia akan memilihnya. suara untuk stabilitas.

Kilicdaroglu, 74, adalah kandidat dari aliansi oposisi enam partai, dan memimpin Partai Rakyat Republik (CHP) yang dibentuk oleh pendiri Turki Mustafa Kemal Ataturk. Kubunya telah berjuang untuk mendapatkan kembali momentum setelah keterkejutan membuntuti Erdogan di babak pertama.

Pemilu akan memutuskan tidak hanya siapa yang memimpin Turki, negara anggota NATO berpenduduk 85 juta jiwa, tetapi juga bagaimana pemerintahannya, ke mana arah ekonominya setelah mata uangnya anjlok hingga sepersepuluh dari nilainya terhadap dolar dalam satu dekade, dan bentuk kebijakan luar negerinya, yang membuat Turki kesal dengan Barat dengan mengembangkan hubungan dengan Rusia dan negara-negara Teluk.

Pemilihan awal menunjukkan dukungan yang lebih besar dari perkiraan untuk nasionalisme - kekuatan yang kuat dalam politik Turki yang telah diperkeras oleh permusuhan selama bertahun-tahun dengan militan Kurdi, percobaan kudeta pada tahun 2016 dan masuknya jutaan pengungsi dari Suriah sejak perang dimulai di sana. 2011.

Turki adalah tuan rumah pengungsi terbesar di dunia, dengan sekitar 5 juta migran, 3,3 juta di antaranya adalah warga Suriah, menurut data Kementerian Dalam Negeri.

Kandidat presiden tempat ketiga dan nasionalis garis keras Sinan Ogan mengatakan dia mendukung Erdogan berdasarkan prinsip "perjuangan tanpa henti (melawan) terorisme", mengacu pada kelompok pro-Kurdi. Dia meraih 5,17% suara.

Nasionalis lainnya, Umit Ozdag, pemimpin Partai Kemenangan anti-imigran (ZP), mengumumkan kesepakatan yang menyatakan dukungan ZP untuk Kilicdaroglu, setelah dia mengatakan akan memulangkan imigran. ZP memenangkan 2,2% suara dalam pemilihan parlemen bulan ini.

Sebuah survei yang diawasi ketat oleh lembaga jajak pendapat Konda untuk putaran kedua menempatkan dukungan untuk Erdogan pada 52,7% dan Kilicdaroglu pada 47,3% setelah mendistribusikan pemilih yang ragu-ragu. Survei dilakukan pada 20-21 Mei, sebelum Ogan dan Ozdag mengungkapkan dukungan mereka.

Kunci lainnya adalah bagaimana Kurdi Turki, sekitar seperlima dari populasi, akan memilih.

Partai Partai Rakyat Demokratik (HDP) yang pro-Kurdi mendukung Kilicdaroglu di putaran pertama, tetapi, setelah dia mengambil hak untuk memenangkan suara nasionalis, partai itu tidak secara eksplisit menyebutkan namanya dan mendesak para pemilih untuk menolak "rezim satu orang" Erdogan. di limpasan.

Polling akan dibuka pada pukul 8 pagi (0500 GMT) dan ditutup pada pukul 5 sore. (1400 GMT). Menjelang akhir hari Minggu harus ada indikasi yang jelas tentang pemenangnya.

"Turki memiliki tradisi demokrasi yang sudah lama dan tradisi nasionalis yang sudah lama ada, dan saat ini jelas nasionalislah yang menang. Erdogan telah memadukan kebanggaan agama dan nasional, menawarkan anti-elitisme yang agresif kepada para pemilih," kata Nicholas Danforth, sejarawan dan non-Turki Turki. -rekan residen di think tank ELIAMEP.

"Lebih banyak Erdogan berarti lebih banyak Erdogan. Orang-orang tahu siapa dia dan apa visinya untuk negara, dan tampaknya banyak dari mereka yang setuju."

Presiden Turki telah menarik semua pemberhentian di jalur kampanye saat dia berjuang untuk bertahan dari ujian politik terberatnya. Dia memerintahkan kesetiaan yang kuat dari orang-orang Turki yang saleh yang pernah merasa dicabut haknya di Turki sekuler dan karir politiknya selamat dari kudeta yang gagal dan skandal korupsi.

Erdogan telah mengambil kendali ketat atas sebagian besar institusi Turki dan mengesampingkan kaum liberal dan kritikus. Human Rights Watch, dalam Laporan Dunia 2022, mengatakan pemerintah Erdogan telah mundur dari catatan hak asasi manusia Turki selama beberapa dekade.

Namun, jika Turki menggulingkan Erdogan, itu sebagian besar karena mereka melihat kemakmuran, kesetaraan, dan kemampuan mereka untuk memenuhi kebutuhan dasar menurun, dengan inflasi yang mencapai 85% pada Oktober 2022.

Kilicdaroglu, seorang mantan pegawai negeri, telah berjanji untuk membatalkan banyak perubahan besar Erdogan pada kebijakan domestik, luar negeri dan ekonomi Turki.

Dia juga akan kembali ke sistem pemerintahan parlementer, dari sistem presidensial eksekutif Erdogan, yang disahkan dalam referendum pada 2017.

KEYWORD :

Pemilu Turki Tayyip Erdogan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :