Selasa, 21/05/2024 10:40 WIB

Kementan Lakukan Konsolidasi Pusat hingga Daerah untuk Maksimalkan Pembangunan Pertanian

Tujuan IPDMIP, sebagai proyek pemerintah yang dilaksanakan di daerah irigasi, mendukung terwujudnya ketahanan pangan dengan mengedepankan pertanian berkelanjutan.

Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian (Kapusluh) BPPSDMP Kementan, Bustanul Arifin Caya

PALEMBANG, Jurnas.com - Salah satu upaya yang dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mendukung pembangunan pertanian adalah memperkuat koordinasi dan komunikasi antara pemerintah pusat dan daerah.

Koordinasi dan komunikasi tersebut diperkuat melalui berbagai program salah satunya project Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP) yang berada di bawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP).

Guna mendukung hal ini Kementan melakukan Koordinasi Konsultan Regional 2 IPDMIP dari 3 hingga 5 Februari 2021 mendatang. Koordinasi ini dihadiri 18 orang konsultan regional, 12 orang perwakilan provinsi , BPP Lampung dan SMKPP Sembawa serta PT Multidecon Internal Regional 2 Provinsi Sumbar dan Sumsel.

Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo mengatakan koordinasi harus dan perlu dilakukan. "Pembangunan pertanian akan lebih maksimal jika pemerintah pusat dan daerah saling mendukung. Kita harus lakukan bersama-sama dengan memperkuat komunikasi dan koordinasi," katanya.

Sebelumnya Kepala BPPSDMP menyebutkan sesuai tujuan IPDMIP, sebagai proyek pemerintah yang dilaksanakan di daerah irigasi, mendukung terwujudnya ketahanan pangan dengan mengedepankan pertanian berkelanjutan.

Menurutnya dalam pelaksanaannya, IPDMIP juga melakukan pemberdayaan SDM, sarana dan infrastruktur irigasi didukung konsultan. Tujuannya, mendukung eksekusi kegiatan dan peningkatan produktivitas, pencapaian ketahanan pangan dan kesejahteraan petani.

“Namun hal ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa koordinasi yang kuat dan saling sinergi antara Pusat dan Daerah,” kata Dedi.

Sementara saat pembukaan, Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian (Kapusluh) BPPSDMP Kementan, Bustanul Arifin Caya, berharap komunikasi antara konsultan tingkat kabupaten dengan tenaga ahli tingkat provinsi dan pusat dalam hal ini BPPSDMP harus lebih baik.

"Karena tanpa koordinasi yang baik, komunikasi yang baik, kolaborasi itu tidak akan terjadi. Maka dari itu, kita harus berkonsolidasi bersama pusat maupun daerah, konsultan regional maupun tenaga ahli," katanya.

Bustanul juga berharap acara panen raya nanti berjalan lancar dan sukses dalam memaparkan output yang sudah dicapai, dan dapat tersosialisasikan pada masyarakat luas.

"Saya berharap koordinasi ini berjalan dengan lancar, sehingga perencanaan yang disusun itu benar-benar bisa terkomunikasikan dengan jelas, sehingga terlaksana dengan baik," katanya.

KEYWORD :

pembangunan pertanian Kementan IPDMIP konsolidasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :