Selasa, 21/05/2024 09:47 WIB

Nasdem Usulkan Lestari Moerdijat Jadi Pimpinan MPR, Rachmat Gobel Untuk DPR

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menetapkan tiga nama untuk diusulkan menempati posisi bergengsi mewakili partai itu di lembaga legislatif

Sidang paripurna terakhir MPR RI

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menetapkan tiga nama untuk diusulkan menempati posisi bergengsi mewakili partai itu di lembaga legislatif. Mereka adalah Lestari Moerdijat sebagai calon pimpinan MPR, Rachmat Gobel sebagai calon pimpinan DPR.

Sementara untuk Ketua Fraksi NasDem di DPR tetap dipercayakan pada Ahmad Ali tetap.

Lestari Moerdijat yang akrab disapa Mbak Rerie digadang-gadang menjadi perempuan kedua yang menempati posisi pimpinan MPR asal partai politik di era reformasi setelah Melani Leimena dari Partai Demokrat pada MPR periode 2009-2014. Memang, Sebelumnya juga ada Mooryati Soedibyo, namun dari unsur Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pada MPR masa bhakti 2004-2009.

Menurut Surya Paloh, pemilihan Lestari Moerdijat dilatarbelakangi komitmen NasDem yang ingin meningkatkan peran perempuan di parlemen. Rerie, kata Surya, memiliki karakter sebagai pekerja keras, gesit, ulet dan jujur.

‘’Karakter seperti itu dibutuhkan negeri ini untuk mengusung gerakan restorasi di MPR," kata Surya melalui pesan tertulis yang diterima Jurnas.com, Selasa (01/10/2019).

Sedangkan Rachmad Gobel dipercaya menduduki jabatan sebagai pimpinan DPR karena dianggap memiliki kapasitas sebagai pemimpin.

Politisi dari daerah pemilihan Gorontalo itu berpengalaman memimpin di berbagai lembaga, baik pemerintahan, perusahaan multinasional, maupun organisasi profesi. Rachmat Gobel juga pernah menjabat Menteri Perdagangan di Kabinet Kerja pimpinan Jokowi-Jusuf Kalla.

Sementara itu, ditunjuknya Ahmad Ali sebagai Ketua Fraksi Partai NasDem DPR karena ingin mewujudkan gagasan-gagasan restorasi Partai NasDem di lembaga legislatif.

Dalam kesempatan ini Surya Paloh mengingatkan seluruh anggota Fraksi Partai NasDem untuk menjaga kekompakan dalam teamwork dan konsisten memberikan teladan dalam menjalankan tugas di parlemen.

"Kita harus mengubah semangat individualisme dengan semangat kekitaan," ujar Paloh.

Kerja sama tim para anggota DPR dari NasDem, kata Surya Paloh, bertumpu pada kolaborasi antara dua kekuatan utama NasDem, yaitu perempuan dan anak muda NasDem yang ditopang oleh kekuatan tokoh senior NasDem.

Para anggota DPR dari NasDem harus bisa konsisten antara apa yang dikatakan dan diperbuat. "Kita bukan partai yang lain di mulut dan lain di hati," katanya.

Paloh yakin jika konsistensi antara janji dan kinerja dijaga oleh anggota Dewan dari NasDem, maka Partai NasDem akan dipercaya masyarakat menjadi pemenang pada Pemilu 2024.

KEYWORD :

Kinerja MPR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :