Selasa, 21/05/2024 13:31 WIB

KPK Diminta Bongkar Dugaan Korupsi Mekeng dan Setnov

KPK diminta membongkar hingga tuntas kasus dugaan korupsi yang melibatkan sejumlah kader dan petinggi Partai Golkar.
 
 
 

Setya Novanto (SN)

Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta membongkar hingga tuntas kasus dugaan korupsi yang melibatkan sejumlah kader dan petinggi Partai Golkar. Termasuk kasus dugaan korupsi sejumlah proyek yang diduga melibatkan Ketum Golkar Setya Novanto (SN) dan Ketua Banggar DPR RI asal Golkar, Melchias Markus Mekeng.

Permintaan itu disampaikan sejumlah aktivis yang tergabung di Komite Anti Korupsi Indonesia dan Arus Bawah Partai Golkar saat menyampaikan aspirasi di kantor KPK, Jl. Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (29/8/2017). Dalam aksinya, mereka meminta supaya KPK turun tangan "membersihkan" ‎Partai Golkar dari orang-orang yang terindikasi korupsi dan terlibat korupsi sejumlah proyek besar di Indonesia.

"Kami minta KPK membuka gamblang kasus-kasus korupsi yang mengaitkan kader Partai Golkar," ucap Koordinator Aksi Komite Anti Korupsi Indonesia dan Arus Bawah Partai Golkar, Firmansyah.

Dua kader Partai Golkar yang paling sering disebut terindikasi tindak pidana korupsi sejumlah proyek adalah, mantan Ketua Banggar DPR RI, Melchias Markus Mekeng, dan Ketua DPR RI sekaligus Ketua Umum Golkar, Setya Novanto. Lantaran dugaan korupsi itu, kata Firmansyah, partai berlambang Pohon Beringin ini terus-terusan merosot integritasnya.

Untuk diketahui, Ketua DPR Setya Novanto kini sudah dijerat tersangka proyek e-KTP oleh penyidik KPK. Sementara itu, Mekeng yang saat ini masih menjabat anggota DPR RI diketahui sudah sering diperiksa penyidik dalam berbagai ‎perkara korupsi besar. Namun demikian, statusnya sampai saat ini masih menjadi saksi.

Dalam aksinya, para pendemo terpantau juga membentangkan beberapa spanduk‎. Salah satunya berisikan sejumlah kasus korupsi yang diduga melibatkan Mekeng dan Novanto. Di antaranya proyek Hambalang dan proyek e-KTP.

"Sampai-sampai Partai Golkar yang selama ini menjadi partai yang banyak beri kontribusi dalam pembangunan nasional, karena ulah-ulah para kader seperti Mekeng dan Novanto inilah semakin tercoreng perjuangan partai," tandas Firmansyah.

KEYWORD :

KPK Golkar Setya Novanto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :