Senin, 17/06/2024 05:29 WIB

Rusia Menghapus Rancangan Proposal untuk Mengubah Perbatasan Laut Baltik

Rusia Menghapus Rancangan Proposal untuk Mengubah Perbatasan Laut Baltik

Kapal serbu amfibi, pengangkut personel lapis baja, dan helikopter terlihat selama latihan militer, di lokasi tembak Khmelevka di pantai Laut Baltik di Wilayah Kaliningrad, Rusia 4 April 2019. REUTERS

MOSKOW - Proposal Kementerian Pertahanan Rusia untuk merevisi perbatasan maritim Rusia di Laut Baltik timur dihapus pada Rabu dari portal resmi setelah menimbulkan kebingungan dan kekhawatiran di antara anggota NATO seperti Finlandia, Swedia, Lituania, dan Estonia.

Dalam pengajuan resminya, kementerian pertahanan mengatakan bahwa pengukuran perbatasan Soviet pada tahun 1985 telah menggunakan peta laut pertengahan abad ke-20, sehingga tidak sepenuhnya sesuai dengan koordinat kartografi yang lebih modern.

Namun proposal itu telah dihapus pada hari Rabu dari portal resmi tempatnya diposting.

Sebuah pesan sederhana berbunyi: "Draf telah dihapus."
Itu tidak memberikan penjelasan. Kementerian Pertahanan tidak menanggapi permintaan komentar.

Dari rancangan keputusan awal, masih belum jelas bagaimana tepatnya perbatasan tersebut akan disesuaikan dan apakah telah ada konsultasi dengan negara-negara lain yang berbatasan dengan Laut Baltik atau tidak.

Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson mengatakan kepada kantor berita TT: "Rusia tidak dapat memutuskan perbatasan baru secara sepihak."

Presiden Finlandia Alexander Stubb mengatakan Rusia belum melakukan kontak, dan menambahkan: "Finlandia bertindak seperti biasa: dengan tenang dan berdasarkan fakta."

Menteri Luar Negeri Lituania Gabrielius Landsbergis menyebut usulan tersebut merupakan “eskalasi nyata” terhadap aliansi militer NATO yang dipimpin AS dan Uni Eropa. Dia mengatakan hal itu "harus ditanggapi dengan tanggapan tegas yang tepat".

Menteri Luar Negeri Estonia Margus Tsahkna mengatakan: "Pada pandangan pertama, ini tampaknya merupakan gagasan yang tidak masuk akal."

Dalam komentarnya melalui email kepada Reuters, ia menambahkan: "Tidak dapat dikesampingkan bahwa laporan tersebut merupakan upaya untuk menabur kebingungan."

KEYWORD :

Perubahan Batas Laut Baltik Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :