Selasa, 21/05/2024 14:27 WIB

Tips Makeup Natural dan Tahan Lama

Untuk membuat makeup Anda lebih tahan lama, pastikan jangan biasakan sering memegang wajah meski tanpa sengaja

Tips Makeup Tahan Lama ( Foto : Femina )

JAKARTA, Jurnas.com - Makeup menjadi salah satu usaha perempuan untuk tampil cantik dan menarik di hadapan orang lain, khususnya lawan jenis.

Meskipun ada berbagai tren dan gaya makeup yang seru, ternyata makeup natural masih cukup diminati karena tergolong ringan, tidak berlebihan serta ringkas saat mengaplikasikannya.

Namun, untuk mendapatkan makeup natural yang tahan lama, agak sedikit tricky. Atau risikonya adalah riasan jadi terlihat tidak maksimal.

Berikut tips makeup natural dan tahan lama yang bisa diikuti :

1. Bersihkan dan Siapkan Kulit dengan Baik

Sebelum mengaplikasikan make up, bersihkan wajah menggunakan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit. Lalu, gunakan toner untuk menyeimbangkan ph kulit.

Setelah itu, aplikasikan pelembap untuk menjaga kadar air pada kulit. Penggunaan pelembap juga bisa membantu riasan lebih menempel dan tidak mudah geser saat terkena masker atau panas matahari.

2. Gunakan Primer Make Up

Primer membantu meratakan tekstur kulit, menyamarkan pori-pori, dan menciptakan lapisan yang membuat make up bisa menempel sempurna pada kulit wajah.

Pilih primer yang sesuai dengan kebutuhan kulit, seperti primer dengan efek matte guna mengontrol minyak berlebih atau primer dengan efek mencerahkan untuk kulit kusam.

3. Pilih Produk Make Up yang Tahan Lama

Pilihlah foundation, concealer, eyeshadow, dan lipstik yang memiliki formula tahan lama. Perhatikan label produk yang menyebutkan "long-lasting", "waterproof", atau "transfer-proof".

Pasalnya, produk dengan label ini biasanya diformulasikan khusus sehingga bisa tahan di kondisi panas dan lembap seperti Indonesia.

4. Gunakan Setting Spray

Setting spray memang memiliki fungsi utama untuk mengunci make up agar lebih tahan lama. Selain itu, setting spray juga punya berbagai fungsi lain, mulai dari mengontrol minyak berlebih, meratakan tampilan make up, memberikan efek dewy atau matte, serta memberikan hidrasi tambahan pada kulit.

5. Hindari Menyentuh Wajah dengan Tangan

Meski sering dilakukan secara tak sadar, kebiasaan ini justru bisa menggeser bahkan menghapus make up pada wajah.

Untuk mengatasi masalah ini, bisa mengganti kebiasaan menyentuh wajah dengan kertas minyak atau blotting paper.

KEYWORD :

Makeup tahan lama




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :