Selasa, 21/05/2024 08:48 WIB

Badai Tropis Hilary Hantam California, Otoritas Kelurkan Peringatan

Inti Badai Hilary berada di California dengan kecepatan angin berkelanjutan maksimum 95 km per jam, setelah meluncur ke Semenanjung Baja California Meksiko.

Sebuah truk pemadam kebakaran menjauh setelah seorang pengendara mobil terdampar di genangan air akibat hujan deras yang dibawa oleh Badai Tropis Hilary, pada Minggu, 20 Agustus 2023, di Palm Desert, California (Foto: AP Photo/Mark J. Terrill)

JAKARTA, Jurnas.com - Hujan lebat melanda California pada Minggu saat Badai Tropis Hilary datang dari Meksiko, membawa peringatan potensi banjir yang mengancam jiwa di Amerika Serikat (AS) bagian barat daya yang biasanya gersang.

Pada Minggu sore, inti Badai Hilary berada di California dengan kecepatan angin berkelanjutan maksimum 95 km per jam, setelah meluncur ke Semenanjung Baja California Meksiko.

Pusat Badai Nasional AS (NHC) mengatakan, peristiwa cuaca tropis ini sangat jarang terjadi di California selatan. Badai itu bergerak dengan kecepatan cepat 37kmh.

"Banjir bencana dan mengancam jiwa kemungkinan terjadi di Baja California dan sebagian AS barat daya hingga Senin," demikian peringatan NHC, seperti dikutip dari AFP.

Otoritas memerintahkan pantai ditutup dan orang-orang bergegas ke toko untuk membeli air dan kebutuhan pokok lainnya. Banjir bandang dan bahkan peringatan tornado dikeluarkan untuk beberapa daerah.

Hilary sebelumnya mencapai Kategori 4 - yang paling kuat kedua dalam skala badai Saffir-Simpson lima langkah - tetapi diturunkan menjadi badai tropis saat menuju kota Tijuana di perbatasan Meksiko yang berpenduduk padat.

Meskipun melemah, administrator Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) AS Deanne Criswell mendesak orang-orang untuk menanggapi bahaya dengan serius. "Badai Hilary akan berdampak serius dan mengancam California selatan," katanya di CNN.

Gubernur California, Gavin Newsom mengumumkan keadaan darurat untuk sebagian besar wilayah selatan negara bagian itu. "Tetap aman, California," tulisnya di media sosial saat Hilary mendekat.

Pihak berwenang membuka lima tempat perlindungan badai dan mengerahkan lebih dari 7.500 personel, termasuk beberapa ratus tentara Garda Nasional serta tim penyelamat air deras, kata kantor Newsom.

Di San Diego, orang mengisi karung pasir untuk bersiap menghadapi kemungkinan banjir, sementara penjaga pantai memperingatkan orang untuk menjauh dari laut.

Satu orang tewas di Meksiko setelah sebuah kendaraan tersapu oleh sungai yang meluap, kata badan Perlindungan Sipil Meksiko, sambil memperingatkan tanah longsor dan penutupan jalan di Baja California.

Tentara Meksiko membuka 35 tempat perlindungan untuk 1.725 orang yang terkena dampak badai.

Hilary diperkirakan akan menyetor hingga 25 cm hujan di beberapa bagian California dan Nevada, menyebabkan bencana banjir yang berbahaya. "Beberapa daerah di Oregon dan Idaho juga diperkirakan akan mengalami hujan lebat dan kemungkinan banjir bandang," kata NHC.

Tornado mungkin terjadi di California tenggara, Arizona barat, Nevada selatan, dan jauh di barat daya Utah, katanya.

Nancy Ward, direktur Kantor Layanan Darurat Gubernur California, mengatakan Hilary bisa menjadi salah satu badai terburuk yang melanda negara bagian itu dalam lebih dari satu dekade.

"Jangan salah," katanya dalam konferensi pers pada hari Sabtu. "Ini adalah badai yang sangat, sangat berbahaya dan signifikan."

Major League Baseball dan Major League Soccer menjadwal ulang pertandingan yang direncanakan untuk hari Minggu di wilayah AS.

Pemerintah Meksiko mengerahkan hampir 19.000 tentara di negara bagian yang paling terkena dampak badai, sementara utilitas listrik federal mengirim 800 pekerja dan ratusan kendaraan untuk menanggapi pemadaman listrik.

Badai menghantam Meksiko setiap tahun di pantai Pasifik dan Atlantiknya. Meskipun badai kadang-kadang memengaruhi California, jarang terjadi badai di negara bagian itu dengan intensitas tinggi.

Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa badai menjadi lebih kuat saat dunia menjadi lebih hangat dengan perubahan iklim.

"Kita juga harus melihat apa yang dilakukan perubahan iklim terhadap peristiwa cuaca buruk ini," kata Criswell, administrator FEMA, kepada CNN pada hari Minggu. "Seperti apa risikonya di masa depan."

Sumber: AFP

KEYWORD :

Amerika Serikat California Badai Tropis Hilary




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :