Selasa, 21/05/2024 08:35 WIB

Andika Disebut Calon Kuat Pendamping Anies, NasDem: Bukan Domain Surya Paloh

Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengatakan bahwa Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sudah menyerahkan kewenangan untuk memilih cawapres pendamping kepada Anies.

Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem, Ahmad Ali. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Partai NasDem menyerahkan peluang mantan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menjadi calon wakil presiden (cawapres) 2024 kepada Anies Baswedan.

Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali mengatakan bahwa Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sudah menyerahkan kewenangan untuk memilih cawapres pendamping kepada Anies.

Oleh karena itu, keputusan sosok yang bakal menjadi cawapres pendamping Anies di Pilpres 2024 menjadi domain Anies dan partai politik (parpol) lain yang bakal berkoalisi dengan NasDem.

"Sedangkan untuk posisi cawapres itu tidak lagi menjadi domain Pak Surya, itu domain Anies dan parpol yang lain," kata Ahmad Ali saat dihubungi, Selasa (20/12).

Menurut dia, pihaknya ingin pemerintahan mendatang berjalan solid. Untuk mewujudkan itu, menurut Ali, NasDem menyerahkan kewenangan memilih sosok cawapres pendamping kepada Anies.

"Kan kita sudah serahkan kepada Pak Anies. Pak Anies yang menentukan supaya koalisi pemerintahan solid, orang sudah saling membantu presiden dalam jaga stabilitas parpol, koalisi tentu juga membantu elektoral, pemenangan," ujarnya.

Lebih lanjut, Ali tak mau berkomentar saat ditanya Andika sosok yang tepat untuk mendampingi Anies di Pilpres 2024 mendatang.

Ia hanya berkata, peluang Andika menjadi sosok cawapres yang diusung partainya tergantung pada kecocokan yang dibangun Andika dengan Anies dan parpol lain.

"Saya tidak punya kapasitas untuk itu, lebih pada chemistry dengan Pak Anies dan parpol lain, tapi kalau Pak Andika kader terbaik bangsa, ya," ucap Ali.

Andika turun dari jabatan Panglima TNI karena akan memasuki masa pensiun. Ia digantikan oleh KSAL Laksamana Yudo Margono.

Sementara rencana Andika di masa depan setelah purnawirawan TNI, diakuinya akan diungkap awal 2023 nanti.

"Saya pensiun nanti mulai 1 Januari 2023. Walaupun sekarang serah terima (jabatan), tapi kita sesuai dengan peraturan yang berlaku, baru 1 Januari, belum. Apa yang saya lakukan? Ya nanti saja setelah saya pensiun, kita ketemu lagi," kata Andika di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (20/12).

Sebelumnya, NasDem pernah memasukkan nama Andika ke dalam tiga nama bakal capres yang bakal diusung di 2024. Kala itu, nama Andika masuk bersama Anies dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Namun, akhirnya NasDem memilih Anies sebagai bakal capres yang bakal diusung di Pilpres 2024 mendatang.

 

KEYWORD :

NasDem Andika Perkasa cawapres Pemilu 2024 Ahmad Ali




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :