Minggu, 25/07/2021 11:58 WIB

Gresik, Potensi Dunia Usaha dan Wisata

Gresik, menjadi salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki sejumlah potensi dunia usaha dan wisata. Meski dikenal sebagai sektor industri, siapa sangka Gresik juga menyimpan sejumlah potensi dari sektor pertanian, dunia usaha, dan pariwisata.

Press Gathering wartawan Parlemen di Surabaya

Surabaya - Gresik, menjadi salah satu kabupaten di Jawa Timur yang memiliki sejumlah potensi dunia usaha dan wisata. Meski dikenal sebagai sektor industri, siapa sangka Gresik juga menyimpan sejumlah potensi dari sektor pertanian, dunia usaha, dan pariwisata.

Demikian disampaikan Ketua DPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet), dalam sambutannya di acara Press Gathering wartawan Parlemen dengan tema "Potensi Pembangunan Kabupaten Gresik Melalui Pangan Mandiri, Dunia Usaha, Dan Wisata", di Hotel Majapahit, Surabaya, Jumat (13/7).

Menurutnya, meski sektor industri menjadi salah satu penyangga perekonomian Kabupaten Gresik, namun jangan dipungkiri bahwa kabupaten seluas 1.191,25 Km persegi itu juga memiliki potensi dari sektor pertanian, sektor dunia usaha, dan sektor pariwisata.

"Selain itu kita jangan mengesampingkan bahwa masih terdapat potensi lain yang bisa dikembangkan di sini. Karena Gresik memiliki potensi yang cukup besar dari sektor pariwisata dan dunia usaha," kata Bamsoet.

Sebagai Kota Santri, kata Bamsoet, Gresik dapat mengembangkan potensi wisata religi dengan menelusuri jejak-jejak peninggalan Wali Songo. Selain itu, Gresik juga memiliki potensi wilayah panorama alam, seperti Pulau Bawean, Pantai Delegan, dan lainnya yang sayang jika tidak dikembangkan lebih baik.

Kata politikus Partai Golkar itu, sejalan dengan pembangunan potensi pariwisata tersebut, maka terdapat pula potensi pembangunan dari dunia usaha, terutama Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

"Saya berharap pemerintah kabupaten sebagai penentu kebijakan dapat mengarahkan UKM yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi, penciptaan, dan peningkatan daya saing," tuturnya.

"Dengan pembangunan potensi wisata dan potensi dunia usaha yang selaras, saya berkeyakinan Gresik dapat tumbuh menjadi kabupaten yang maju dan bersaing dengan kabupaten lain dari seluruh wilayah Indonesia," lanjut Bamsoet.

Untuk itu, kata Bamsoet, DPR berkeinginan untuk terus membangun komunikasi yang positif dengan masyarakat. Tujuannya, tidak lain adalah semata agar masyarakat dapat menerima informasi dan perkembangan pembangunan yang sedang berlangsung.

"Pers memiliki kesempatan untuk meliput potensi-potensi pembangunan tersebut. Hal ini sejalan dengan fungsi pers untuk menyiarkan informasi kepada khalayak, serta perannya sebagai kontrol sosial kepada pemerintah agar dapat tetap berjalan dalam koridor konstitusi," terangnya.

"Dengan potensi-potensi pembangunan yang ada di Kabupaten Gresik ini, dukungan dari DPR dan Pemerintah termasuk Pemerintah Daerah, serta apresiasi dari rekan-rekan media, saya percaya Gresik dapat mewujudkan pembangunan yang adil, sejahtera, dan berkualitas," demikian Bamsoet.

Dalam acara tersebut turut hadir Wakil Ketua Komisi IV DPR Viva Yoga Mauladi, Anggota Komisi XI DPR Misbakhun, Anggota Komisi III DPR Dossy Iskandar, jajaran Humas dan pemberitaan DPR, juga turut hadir Bupati Gresik Sambari Halim Rudianto.

TAGS : Warta DPR Press Gathering Potensi Gresik




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :