Minggu, 16/06/2024 16:05 WIB

Geram dengan Pengakuan Irlandia, Spanyol, dan Norwegia atas Palestina, Israel Tarik Dubes

Geram dengan Pengakuan Irlandia, Spanyol, dan Norwegia atas Palestina, Israel Tarik Dubes

Penyanyi Rozalen bermain gitar dan bernyanyi saat pertemuan di perkemahan pro-Palestina di Madrid, Spanyol, 22 Mei 2024 . REUTERS

DUBLIN - Irlandia, Spanyol dan Norwegia pada Rabu mengumumkan bahwa mereka akan mengakui negara Palestina pada 28 Mei. Hal itu memicu kemarahan Israel yang mengatakan bahwa pengakuan tersebut merupakan "hadiah bagi terorisme" dan menarik kembali duta besarnya dari tiga ibu kota.

Dublin, Madrid dan Oslo menggambarkan keputusan tersebut sebagai langkah yang bertujuan untuk mempercepat upaya mengamankan gencatan senjata dalam perang Israel dengan Hamas di Gaza.

Mereka mendesak negara-negara lain untuk mengikuti jejaknya meskipun Amerika Serikat, sekutu utama Israel, bersikukuh bahwa negara Palestina harus diwujudkan melalui perundingan langsung dan bukan “pengakuan sepihak”.

“Kami berharap pengakuan dan alasan kami berkontribusi pada negara-negara Barat lainnya yang mengikuti jalan ini, karena semakin besar kekuatan kita, semakin besar kekuatan yang kita miliki untuk menerapkan gencatan senjata, untuk mencapai pembebasan sandera yang ditahan oleh Hamas, untuk meluncurkan kembali konflik politik. proses yang dapat mengarah pada perjanjian perdamaian,” kata Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez kepada parlemen.

Perdana Menteri Norwegia Jonas Gahr Store mengatakan satu-satunya solusi politik yang mungkin antara Israel dan Palestina adalah “dua negara yang hidup berdampingan dalam perdamaian dan keamanan”.

Menteri Luar Negeri Espen Barth Eide mengatakan dia tidak mengharapkan pengakuan tersebut akan menghentikan perang di Gaza, namun hal itu merupakan "komponen kunci" bagi inisiatif perdamaian yang dipimpin Arab.

Perdana Menteri Irlandia Simon Harris mengatakan pada konferensi pers di Dublin bahwa Irlandia tetap tegas mengakui hak Israel untuk hidup "aman dan damai dengan tetangganya", dan menyerukan agar semua sandera di Gaza dibebaskan.

Keputusan tersebut membuat marah Israel, yang mengatakan bahwa mengakui negara Palestina berarti memberi penghargaan kepada militan Hamas atas serangan 7 Oktober yang memicu serangan Israel terhadap kelompok militan Palestina di Gaza.

“Niat beberapa negara Eropa untuk mengakui negara Palestina adalah imbalan atas terorisme,” kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan.

"Ini akan menjadi negara teroris. Mereka akan mencoba melakukan pembantaian pada 7 Oktober lagi dan lagi - dan kami tidak akan menyetujuinya," katanya.

“Menghargai terorisme tidak akan membawa perdamaian dan juga tidak akan menghentikan kita untuk mengalahkan Hamas.”

Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz mengatakan keputusan itu akan membawa "konsekuensi berat", dan memerintahkan agar duta besar Israel dari ketiga negara tersebut segera dipulangkan untuk berkonsultasi.

Keputusan ketiga negara Eropa tersebut disambut baik oleh Otoritas Palestina, yang menjalankan pemerintahan sendiri secara terbatas di Tepi Barat yang diduduki Israel, dan oleh Hamas, yang telah memerintah Jalur Gaza sejak mengusir PA dari wilayah kantong tersebut pada tahun 2007.

Sekitar 144 dari 193 negara anggota PBB mengakui Palestina sebagai sebuah negara, termasuk sebagian besar wilayah selatan, Rusia, Tiongkok, dan India. Namun hanya segelintir dari 27 anggota Uni Eropa yang telah melakukan hal tersebut, sebagian besar adalah negara-negara bekas Komunis serta Swedia dan Siprus.

Inggris, Australia dan anggota Uni Eropa Malta dan Slovenia telah mengindikasikan dalam beberapa bulan terakhir bahwa mereka akan segera melakukan langkah serupa.

Norwegia, yang bukan anggota UE, adalah tuan rumah proses perdamaian Oslo sekitar 30 tahun lalu yang dimaksudkan untuk mewujudkan negara Palestina di wilayah yang direbut Israel dalam perang tahun 1967, termasuk Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Yerusalem Timur. . Negosiasi terakhir gagal satu dekade lalu.

Netanyahu menolak negara Palestina yang berdaulat, meskipun apa yang disebut “solusi dua negara” tetap menjadi tujuan kebijakan AS. Namun Washington menentang pengakuan Palestina tanpa kesepakatan yang dicapai melalui negosiasi.

Presiden Joe Biden "adalah pendukung kuat solusi dua negara sepanjang kariernya," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih. “Dia percaya negara Palestina harus diwujudkan melalui negosiasi langsung antar pihak, bukan melalui pengakuan sepihak.”

Jerman mengatakan hal ini memerlukan dialog lebih lanjut, sementara Prancis mengatakan persyaratannya belum terpenuhi.

Bulan lalu, Washington memveto pengakuan Palestina sebagai negara di PBB, di mana Palestina kini berstatus pengamat.

Tindakan yang dilakukan ketiga negara Eropa tersebut merupakan contoh terbaru dari meningkatnya isolasi internasional Israel, baik karena jatuhnya korban sipil akibat taktik mereka dalam perang Gaza, maupun karena kebijakan lama mereka seperti membangun permukiman Yahudi di wilayah pendudukan Palestina.

Jan Egeland, yang merupakan bagian dari tim diplomatik Norwegia yang membantu menengahi Perjanjian Damai Oslo pada tahun 1990an, mengatakan bahwa pengumuman trio Eropa tersebut, meskipun bersifat “simbolis”, merupakan pesan kepada Israel bahwa pendudukan wilayah Palestina harus diakhiri.

Alon Liel, mantan direktur jenderal kementerian luar negeri Israel dan kritikus pemerintahan Netanyahu, mengatakan kepada Reuters melalui telepon dari Tel Aviv bahwa tindakan Spanyol, Irlandia dan Norwegia dapat berdampak penting pada opini publik Israel.

Menyamakan status Israel dan Palestina di ranah internasional, merupakan “mimpi buruk bagi kepemimpinan Israel saat ini”, katanya. Tindakan ketiga negara Eropa tersebut mewakili "awal pengakuan negara-negara yang menjadi perhatian Israel, yang menjadi teladan bagi Israel".

Israel melancarkan perangnya di Gaza sebagai pembalasan atas serangan Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan 1.200 orang dan menyandera lebih dari 250 orang, menurut perhitungan Israel. Operasi Israel di daerah kantong tersebut telah menewaskan lebih dari 35.000 warga Palestina, menurut kementerian kesehatan Gaza.

KEYWORD :

Israel Palestina Pengakuan Negara Irlandia Uni Eropa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :