Rabu, 24/07/2024 04:04 WIB

Ini Strategi Pembangunan Desa dan Perdesaan Menuju Indonesia Emas 2045

Ini Strategi Pembangunan Desa dan Perdesaan Menuju Indonesia Emas 2045

Wamendes PDTT Paiman Raharjo menjadi Pembicara dalam Seminar Nasional bertajuk Roadmap Pembangunan Desa Berbasis Bonus Demografi Untuk Visi Indonesia Emas 2045 (Foto: Kemendes PDTT)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) Paiman Raharjo menjadi Pembicara dalam Seminar Nasional yang digelar Korps Alumni HMI (KAHMI) yang bertema Road Map Pembangunan Desa Berbasis Bonus Demografi Untuk Visi Indonesia Emas 2045 di KAHMI Center, Jumat (14/6/2024).

"Transformasi Indonesia menuju Indonesia Emas 2045 melalui Transformasi Sosial yaitu Penguatan Modal Sosial dan Budaya, Transformasi Ekonomi untuk jadikan Perdesaan sebagai Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru serta Transformasi Tata Kelola dengan Peningkatan Kapasitas, Optimalisasi Potensi dan Aset Desa," kata Wamendes Paiman, sapaan akrabnya.

Wamendes Paiman memaparkan tantangan Pembangunan Desa untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045. Pertama, Transformasi Sosial dapat dilakukan melalui Pengembangan Desa Inklusi dan Akuntabilitas Sosial secara berkelanjutan. Kedua, Penguatan Modal Sosial Desa dan Ketiga, Penguatan Budaya Desa.

"Nantinya diharapkan Peningkatan kualitas dan daya saing SDM masyarakat perdesaan," kata Wamendes Paiman.

Transformasi Ekonomi melalui Optimalisasi potensi strategis Desa, Peningkatan kapasitas pelaku usaha di Desa, termasuk pendampingan BUMDES/BUMDESMA secara asimetris, adopsi teknologi dalam kegiatan ekonomi, dan Inisiasi kolaborasi/kerja sama usaha ekonomi.

Nantinya diharapkan, kata Wamendes Paiman, bisa Peningkatan daya saing dan produktivitas ekonomi perdesaan dan Penurunan angka kemiskinan perdesaan.

Selanjutnya, Transformasi Tata Kelola Pembangunan Desa yang Inklusi dilakukan melalui Peningkatan kapasitas SDM Desa, Optimalisasi cara kerja dan Optimalisasi pemanfaatan anggaran.

"Transformasi ini diharapkan hadirkan Pelayanan publik yang berkualitas di Desa dan Meningkatnya partisipasi masyarakat Desa dalam penyelenggaraan pembangunan Desa," kata Wamendes Paiman.

Wamendes Paiman jabarkan, tahapan Transformasi Tata Kelola, yaitu 2025-2029 Penguatan Pondasi, 2030-2034 Penguatan Transformasi, 2035-2039 Ekspansi Global dan 2040-2045 Mewujudkan Indonesia Emas.

Wamendes Paiman mengatakan, pihaknya bersama sejumlah elemen penggiat desa telah merumuskan sejumlah strategi pembangunan desa dan perdesaan menuju Indonesia Emas 2045.

Pertama, Pemerintah Desa melakukan perbaikan kualitas perencanaan pembangunan Desa melalui perencanaan pembangunan Desa berbasis Data Desa yang merujuk pada SDGs Desa dan Indeks Desa Membangun (IDM).

Kedua, Pemerintah Daerah memberikan dukungan melalui Program/kegiatan yang menyasar pada indikator IDM yang masih lemah, Memperkuat kelembagaan ekonomi di Desa lewat BUMDesa atau Desa Wisata, Penyusunan panduan/regulasi turunan dalam pemanfaatan Dana Desa, penyiapan kebijakan dan replikasi pelaksanaan.

Ketiga, Kolaborasi dan sinergi lintas sektor dengan Kementerian/Lembaga, Perguruan Tinggi dan Mitra Pembangunan.

"Keempat, Peningkatan efektivitas pemanfaatan Dana Desa untuk penanganan kemiskinan ekstrem, stunting dan pengembangan sektor prioritas," kata Wamendes Paiman.

Kelima, Perlu adanya pemanfaatan ruang Desa untuk penghidupan berkelanjutan. Keenam, Optimalisasi pemanfaatan aset dan potensi desa untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan Desa.

Ketujuh, Penguatan peran Pemerintah Daerah dalam mengkonsolidasikan penyelenggaraan pembangunan kawasan perdesaan. Kedelapan, Pengembangan Kerja Sama Antar Desa.

"Selanjutnya, Penguatan Sosial Budaya Lokal Desa dan Meningkatkan pengendalian terhadap kerusakan lingkungan," kata Wamendes Paiman.

Seminar ini dibuka oleh Majelis Nasional KAHMI Herman Khaeron yang menyebutkan kegiatan yang diinisiasi Bidang Desa PDTT KAHMI ini merupakan kegiatan yang penting karena membahas peta jalan pembangunan desa.

KEYWORD :

Wamendes PDTT Paiman Raharjo Pembangunan Desa Indonesia Emas 2045




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :