Jum'at, 03/05/2024 19:07 WIB

PBB Akui Kegagalan dalam Pemberian Bantuan ke Suriah

 Badan tersebut juga memperingatkan korban tewas lebih dari 33.000 akibat gempa yang juga melanda Türkiye akan meningkat jauh lebih tinggi.

Waktu hampir habis bagi mereka yang masih dikhawatirkan terperangkap di bawah reruntuhan di Turki dan Suriah (Suhaib Salem/Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) megencam kegagalan untuk mengirimkan bantuan yang sangat dibutuhkan ke wilayah yang dilanda perang di Suriah. Badan tersebut juga memperingatkan korban tewas lebih dari 33.000 akibat gempa yang juga melanda Türkiye akan meningkat jauh lebih tinggi.

Sebuah konvoi PBB dengan perbekalan untuk Suriah barat laut tiba melalui Türkiye, tetapi kepala bantuan badan itu Martin Griffiths mengatakan lebih banyak lagi yang dibutuhkan untuk jutaan orang yang rumahnya hancur.

"Sejauh ini kami telah mengecewakan orang-orang di Suriah barat laut. Mereka merasa ditinggalkan. Mencari bantuan internasional yang belum tiba," kata Griffiths di Twitter.

Menilai kerusakan di Türkiye selatan pada Sabtu, ketika jumlah korban mencapai 28.000, Griffiths mengatakan dia memperkirakan angka tersebut akan "berlipat ganda atau lebih" karena kemungkinan menemukan korban yang selamat semakin berkurang setiap harinya.

Pasokan lambat tiba di Suriah, di mana konflik bertahun-tahun telah merusak sistem perawatan kesehatan, dan sebagian negara tetap berada di bawah kendali pemberontak yang memerangi pemerintah Presiden Bashar al-Assad, yang berada di bawah sanksi Barat.

Namun konvoi 10 truk PBB menyeberang ke barat laut Suriah melalui perbatasan Bab al-Hawa, menurut seorang koresponden AFP, membawa perlengkapan perlindungan, terpal plastik, tali, selimut, kasur dan karpet.

Bab al-Hawa adalah satu-satunya titik bantuan internasional untuk menjangkau orang-orang di daerah yang dikuasai pemberontak di Suriah setelah hampir 12 tahun perang saudara, setelah penyeberangan lainnya ditutup di bawah tekanan dari China dan Rusia.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bertemu Assad di Damaskus pada hari Minggu dan mengatakan pemimpin Suriah telah menyuarakan kesiapan untuk lebih banyak penyeberangan perbatasan untuk membantu membawa bantuan ke barat laut yang dikuasai pemberontak.

"Dia terbuka untuk mempertimbangkan titik akses lintas batas tambahan untuk keadaan darurat ini," kata kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus kepada wartawan.

"Krisis konflik yang semakin parah, COVID-19, kolera, penurunan ekonomi, dan sekarang gempa telah memakan korban yang tak tertahankan," kata Tedros sehari setelah mengunjungi Aleppo.

Dia menambahkan bahwa dia "menunggu untuk bergerak melintasi garis ke barat laut, di mana kami diberitahu bahwa dampaknya bahkan lebih buruk".

Tetapi sementara Damaskus telah mengizinkan konvoi bantuan lintas garis untuk melanjutkan dari daerah-daerah pemerintah, Tedros mengatakan WHO masih menunggu lampu hijau dari daerah-daerah yang dikuasai pemberontak sebelum masuk.

Assad menantikan "kerjasama yang efisien" lebih lanjut dengan badan PBB untuk memperbaiki kekurangan pasokan, peralatan dan obat-obatan, kata kepresidenannya.

Dia juga berterima kasih kepada Uni Emirat Arab (UEA) karena telah memberikan "bantuan besar dan bantuan kemanusiaan", dengan janji puluhan juta dolar.

Namun di Türkiye, masalah keamanan mendorong penangguhan beberapa operasi penyelamatan, dan puluhan orang telah ditangkap karena menjarah atau mencoba menipu korban setelah gempa, menurut media pemerintah.

Sebuah organisasi bantuan darurat Israel mengatakan pada hari Minggu bahwa pihaknya telah menangguhkan operasi penyelamatan gempa di Türkiye dan kembali ke rumah karena ancaman keamanan yang "signifikan" terhadap stafnya.

Sumber: CNA/AFP

KEYWORD :

Gempa Bumi Turkiye Suriah Bantuan Bencana Alam PBB WHO




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :