Selasa, 21/05/2024 05:59 WIB

AS Siap Kirimkan Jet ke Ukraina Lewat Polandia

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengungkapkan bahwa Washington sedang melakukan kesepakatan dengan Polandia, untuk memasok Ukraina dengan jet di tengah invasi Rusia.

Jet Tempur AS (foto: UPI)

Washington, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengungkapkan bahwa Washington sedang melakukan kesepakatan dengan Polandia, untuk memasok Ukraina dengan jet di tengah invasi Rusia.

"Kami sekarang secara aktif mencari pertanyaan tentang pesawat yang mungkin disediakan Polandia ke Ukraina dan melihat bagaimana kami dapat mengisi ulang jika Polandia memutuskan untuk memasok pesawat-pesawat itu," kata Blinken selama kunjungan ke Moldova dikutip dari Aljazeera pada Minggu (6/3).

"Saya tidak dapat berbicara dengan garis waktu tetapi saya hanya bisa mengatakan bahwa kami melihatnya dengan sangat, sangat aktif," lanjut dia.

Komentar Blinken muncul setelah Pemimpin Mayoritas Senat Demokrat Chuck Schumer dalam sebuah pernyataan menyebut bahwa Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy meminta Washington untuk memfasilitasi transfer pesawat bekas Rusia dari sekutu Eropa Timur.

Sejumlah outlet berita, sementara itu, melaporkan bahwa AS dan Polandia bekerja sama untuk menyediakan pesawat tempur era Soviet Polandia ke Ukraina.

Empat pejabat AS mengatakan kepada Politico, bahwa kedua pemerintah sedang mengerjakan kesepakatan, dengan pertanyaan tentang bagaimana mentransfer pesawat menjadi kesulitan terbesar dalam pengaturan potensial.

"Kami bekerja dengan Polandia dalam masalah ini dan berkonsultasi dengan sekutu NATO kami lainnya," ungkap juru bicara Gedung Putih kepada Politico.

"Kami juga sedang mengerjakan kemampuan yang dapat kami berikan untuk mengisi kembali Polandia jika memutuskan untuk mentransfer pesawat ke Ukraina," imbuh dia.

KEYWORD :

Amerika Serikat Rusia Polandia Ukraina Pesawat Jet




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :