Rabu, 16/08/2017 20:04 WIB

INTERNASIONAL

Amerika Serikat Sebut Kesepakatan Nuklir Iran Mengerikan

Donald Trump kembali menyebut Iran tidak memenuhi kewajibannya berdasarkan kesepakatan nuklir 2015

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump : (Foto: CGTN)

Jakarta - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump kembali menyebut Iran tidak memenuhi kewajibannya berdasarkan kesepakatan nuklir 2015 yang dicapai dengan kekuatan dunia, termasuk AS dan China. Karena itu, ia menganggap kesepakatan tersebut mengerikan.

“Saya beripikir mereka tidak memenuhi semangat kesepakatan nuklir 2015. Mereka tidak sesuai dengan kesepakatan, dan Anda lihat beberapa hal yang sangat kuat terjadi jika mereka tidak menyesuaikan diri,” kata Trump kepada wartawan di klub golfnya di Bedminster, New Jersey dikutip People Daily, pada Jumat (11/8)

Kesepakatan yang dicapai di bawah mantan presiden Barack Obama memberi kemudahan kepada Iran dari sanksi internasional besar-besaran sebagai imbalan  membatasi kemampuannya membuat bahan untuk senjata nuklir.

Di jalur kampanye, Trump berulang kali mengkritik kesepakatan tersebut, dan berjanji menegosiasi ulang persyaratannya. Dan setelah resmi menjadi presiden, ia lalu menuduh Teheran mendukung kelompok ekstremis di Timur Tengah dan memberlakukan sanksi baru terhadap negara tersebut, yang terakhir kali disahkan bulan lalu.

Washington mengatakan, tindakan penghukuman tersebut menargetkan program rudal Teheran dan pelanggaran hak asasi manusia, yang tidak termasuk dalam kesepakatan nuklir. Iran, bagaimanapun, menolak sanksi tersebut yang menyebut  mereka melanggar kesepakatan tersebut.

Terlepas dari keberatan Trump terhadap kesepakatan tersebut dan tuduhannya kepada Teheran karena diduga gagal bertindak sesuai dengan kesepakatan tersebut, Departemen Luar Negeri AS mengkonfirmasi dua kali sejak Trump datang ke kantor bahwa Iran sebenarnya mematuhi persyaratan kesepakatan 2015.

TAGS : Iran Amerika Serikat Kesepakatan Nuklir




TERPOPULER :

TERKINI

Garap Video Terbaru BTS Big Hit Gandeng JYP dan SM Entertainment

BTS baru saja merilis teaser video mereka namun sudah ban...

Video Klip Ini Bikin Andien Teteskan Air Mata

Penyanyi Andien Aisyah sempat meneteskan air mata saat pe...

Doakan Jokowi Gemuk, Tifatul: Saya Amati Makin Kurus

Jokowi didoakan semakin gemuk sebab ia dinilai semak...

Agar Peserta Pelatihan BLK Dijamin Kerja, Ini caranya

Salah satu upaya menekan angka pengangguran, Kementerian ...