Jum'at, 10/05/2024 22:32 WIB

Guru Besar UI: Hubungan Soekarno dan Hatta Saling Menopang

Bung Hatta dan Bung Karno merupakan pejuang demokrasi Ekonomi Indonesia

Prof. Dr. Sri Edi Swasono, Guru Besar UI

Jakarta, Jurnas.com - Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Sri Edi Swasono mengatakan, hubungan antara dua Bapak Bangsa, Soekarno dan Hatta sangat melekat dan saling menopang satu sama lain untuk Indonesia.

Terutama soal kemakmuran rakyat. Edi menyebut Bung Hatta adalah sosok yang selalu menginginkan agar sumber daya alam Indonesia dimanfaatkan dengan baik sebelum dilakukan ekspor ke luar negeri.

Jika barang mentah dikelola dalam negeri, maka bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk masyarakat. Keinginan Bung Hatta adalah membangun perekonomian negara untuk meningkatkan daya beli rakyat. Inilah konsep yang dibangun Bung Hatta.

"Bung Hatta mengatakan di depan Bung Karno kalau kita bisa mengelola sendiri, jangan dikelola orang lain. Ini konsep yang mandiri sekali," Tegas Sri Edi Swasono saat peringatan HUT ke-119 Proklamator RI Mohammad Hatta yang digelar oleh Badan Nasional Kebudayaan Pusat (BKNP) PDI Perjuangan secara virtual melalui akun @bknp pdiperjuangan di YouTube, Kamis (12/8/2021).

Menurut Edi, hubungan pribadi keduanya juga saling membantu satu sama lainnya.  Seperti kisah pribadi antara Soekarno-Hatta.

"Bung Karno menjadi saksi pernikahan Bung Hatta, sebaliknya Bung Hatta berkenan menjadi wali pernikahan Mas Guntur dan Mbak Henny atas permintaan Bung Karno. Karena Bung Karno saat itu tidak boleh meninggalkan rumah tahanan Wisma Yasoo," terangnya.

Edi melanjutkan, Hatta juga sangat peduli dengan Bung Karno. Bung Hatta sampai bersurat kepada Presiden Kedua RI Soeharto untuk membawa Soekarno ke rumah sakit karena gangguan kesehatan semakin parah.

"Dalam waktu 3 jam Bung Karno dikirim ke Rumah Gatot Subroto, " ungkapnya.

Di sisi lain, lanjut dia, Bung Hatta dan Bung Karno merupakan pejuang demokrasi Ekonomi Indonesia

"Bunga Karno dan Bung Hatta orang utama yang sangat berjuang untuk kemerdekaan Indonesia. Bung Hatta berjuang di Eropa dan Bung karno di Indonesia," tutupnya.

Acara ini dihadiri Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Sekjen Hasto Kristiyanto. Hadir juga di acara itu sejumlah Ketua DPP PDIP diantaranya Ahmad Basarah dan Tri Rismaharini, serta jajaran BKNP yang dipimpin ketuanya Aria Bima. Anggota DPR dari Fraksi PDIP Rano Karno dan Paryono, turut hadir di acara itu, bersama ratusan kader partai dari seluruh Indonesia.

KEYWORD :

Sri Edi Swasono Soekarno Mohammad Hatta Pekan Bung Hatta




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :