Senin, 20/05/2024 06:02 WIB

Dukungan Besar Once Mekel di Ajang Lomba Cipta Lagu Daerah Nusantara 2023

Malam grand final Lomba Cipta Lagu Daerah Nusantara (LCLDN) 2023 hadirkan juara baru. Ini kata Once Mekel

Once Mekel di malam final Lomba Cipta Lagu Daerah Nusantara (LCLDN) 2023. (Foto; Jurnas/Ira).

Jakarta, Jurnas.com- Ajang pencarian bakat pencipta lagu daerah, baru saja digelar semalam. Banyak bakat-bakat muda pencipta lagu tampil di ajang ini. Peminatnya cukup banyak, bahkan bisa dibilang antusiasmenya sangat tinggi. Hal ini diakui oleh Once Mekel yang hadir dan melihat langsung grand finalnya semalam.

Once yang turut hadir dan memberi dukungan kepada panitia dan peserta grand final Lomba Cipta Lagu Daerah Nusantara (LCLDN) 2023 di Auditorium RRI, Jakarta pada Kamis (21/12) malam. Pengurus DPP Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) bidang Program itu mengaku salut dengan penyelenggaraan LCLDN 2023. Menurut Once, lomba tersebut merupakan salah satu ikhtiar untuk memelihara serta merawat tradisi dan budaya Indonesia lewat jalur musik.

"Harus memperkuat dan merawat tradisi yang ada, karena itu kekuatan kita (Indonesia)," kata Once Mekel yang ditemui seusai acara gran final.

Caleg dari PDIP untuk Dapil Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, dan Luar Negeri itu menilai LCLDN 2023 punya banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah melestarikan musik daerah, alat musiknay dan tentu saja bahasa daerah dari peserta tersebut. Once Mekel merasa semua warga negara harus memperkuat tradisi meski gelombang musik luar negeri sulit dibendung.

"Musik Indonesia itu di konteks dalam negeri, selalu dicintai, lebih hebat, bisa dinyanyikan oleh orang banyak ," jelas Once yang terakhir merilis album Sigma itu.

Terkait peserta Lomba Cipta Lagu Daerah Nusantara (LCLDN) 2023, Once Mekel menilai para finalis sangat berkualitas, bahkan kebingungan untuk memilih salah satu finalis favorit.  Dia mengaku tertarik untuk merilis lagu berbahasa daerah suatu saat ini.

"Saya memang punya niat merilis lagu daerah. Menarik apalagi kalo jadi terkenal dan sama kuatnya kayak lagu pop. Apalagi setelah melihat aransemen dari Dwiki Darmawan dan Viky Sianipar di atas panggung jadi tambah kepengen ," tambah Once lagi.

Ajang Lomba Cipta Lagu Daerah Nusantara (LCLDN) 2023 sudah memasuki penyelenggaraan ke-7 dimana pesertanya makin banyak.
Penyelenggaraan LCLDN tahun ini merupakan hasil kerja sama Lembaga Penyiaran Publik RRI, PAPPRI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan lainnya.

Sebanyak 184 peserta yang merupakan pencipta lagu dari berbagai penjuru nusantara turut serta dalam LCLDN 2023. Berdasarkan seleksi dan penilaian para dewan juri, 12 karya finalis akhirnya ditampilkan dalam grand final LCLDN 2023 pada Kamis malam.

Deretan dewan juri terdiri dari penyanyi dan penulis lagu seperti  Trie Utami, Dr. Helvy Tiana Rosa, Viky Sianipar, Ivan Nestorman, Sundari Sukotjo dan Ivan Edbert serta Dwiki Dharmawan.

Dari 12 finalis LCLDN 2023, Freitsna Sopaheluwakan - Baku Kele dari Ambon, Maluku berhasil menyabet gelar juara tersebut. Sehari sebelumnya Once menyempatkan hadir di acara Hari Migrant Internasional 2023 yang digelar di Depok bersama aktifis HAM Usman Hamid. Acara ini yang bertemakan “Menghargai Kontribusi Pekerja Migran Dan Menghargai Hak Asasi Pekerja Migran”.


KEYWORD :

Once Mekel Lomba Cipta Lagu LCLDN 2023




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :