Kamis, 16/05/2024 05:34 WIB

Inilah Manfaat Daun Kelor

Daun kelor dapat membunuh sel yang telah mati dan mencegah tumbuhnya sel kanker

Manfaat daun kelor untuk kesehatan ( Foto : Jamberita )

Jakarta, Jurnas.com - Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kelor dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Hal ini dibuktikan pada penelitian 30 wanita menunjukkan bahwa mengonsumsi 1,5 sendok teh (7 gram) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan mengurangi kadar gula darah puasa sebesar 13,5%, rata-rata.

Studi kecil lainnya pada 6 orang dengan diabetes menemukan bahwa menambahkan 50 gram daun kelor ke dalam makanan mengurangi kenaikan gula darah sebesar 21%. 

Untuk itu, para peneliti meyakini efek ini disebabkan oleh senyawa tanaman seperti isothiocyanate.

Berikut manfaat daun kelor untuk kesehatan ini patut kamu coba di rumah.

Menurunkan Berat Badan

Kelor dapat mengurangi pembentukan lemak dan meningkatkan pemecahan lemak. Para peneliti elah melihat efek dari suplemen yang mengandung kelor dikombinasikan dengan bahan lainnya.

Berdasarkan studi 8 minggu pada 41 orang gemuk pada diet dan olahraga yang sama, mereka yang mengonsumsi 900 mg suplemen yang mengandung kelor, kunyit, dan kari kehilangan 4,8 kg.

Sedangkan pada penelitian serupa tetapi lebih besar, para peneliti mengacak 130 orang yang kelebihan berat badan untuk menerima suplemen yang sama dengan penelitian di atas. Mereka yang diberi suplemen kehilangan 5,4 kg selama 16 minggu.

Mengurangi Peradangan

Para ilmuwan percaya bahwa isothiocyanate adalah senyawa anti-inflamasi utama pada daun kelor, polong dan biji-bijian. Kelor mengurangi peradangan dengan menekan enzim peradangan dan protein dalam tubuh, dan konsentrat daun kelor dapat secara signifikan menurunkan peradangan dalam sel.
Menangkal Radikal Bebas

Kadar radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Beberapa senyawa tanaman antioksidan telah ditemukan dalam daun Moringa oleifera atau kelor.

Selain itu, didalam kelor juga terdapat vitamin C dan beta-karoten, daun yang memiliki kandungan Quercetin yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Ada juga asam klorogenik yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Manfaat daun kelor untuk kesehatan dalam bentuk serbuk baik untuk jantung yang sehat, terutama dalam kontrol lipid darah, pencegahan pembentukan plak di arteri, dan penurunan kadar kolesterol.

Untungnya, banyak makanan nabati dapat secara efektif mengurangi kolesterol. Baik penelitian berbasis hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa Moringa oleifera mungkin memiliki efek menurunkan kolesterol.

Mendukung Kesehatan Otak

Manfaat daun kelor untuk kesehatan otak dan fungsi kognitif dipengaruhi oleh aktivitas antioksidan dan neuro-enhancer. Ini bahkan telah diuji sebagai pengobatan untuk penyakit Alzheimer dengan hasil awal yang menguntungkan.

Kandungan vitamin E dan C yang tinggi melawan oksidasi yang mengarah pada degenerasi neuron, meningkatkan fungsi otak , serta respons terhadap stimulus seperti stres dan kesenangan, dan kesehatan mental, misalnya dalam depresi dan psikosis.

Mencegah Kanker

Manfaat daun kelor untuk kesehatan berikutnya adalah untuk mencegah kanker. 

KEYWORD :

Daun kelor manfaat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :