Minggu, 12/05/2024 20:19 WIB

Mengulik Manfaat Buah Bit

bit kaya akan serat, folat, mangan, zat besi, potasium, dan vitamin C. Berkat kandungan tersebut, bit bisa digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan.

Manfaat buah bit ( Foto : Alodokter )

Jakarta, Jurnas.com - Buah bit atau bit adalah jenis umbi-umbian yang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Diketahui, buah bit sejak lama telah banyak dimanfaatkan sebagai pengobatan maupun konsumsi sehat karena mengandung sejumlah nutrisi yang bagus untuk kesehatan.

Berikut manfaat dari buah bit untuk kesehatan

Detoksifikasi racun di tubuh

Hal ini karena akar bit mengandung senyawa betalains yang membantu proses detoksifikasi racun dalam tubuh. Selain itu, senyawa ini juga mampu mencegah terjadinya peradangan serta kerusakan sel tubuh.

Mencegah Anemia

Apabila membuatnya menjadi jus, aturan minum jus buah bit untuk mencegah anemia adalah sebanyak 250 mL sehari dengan anjuran 1-3 buah saja.

Bagi ibu hamil, bit selain mampu mencegah penyakit anemia sekaligus meminimalisir risiko bayi terlahir cacat. Sebab akar bit kaya akan folat yang bagus dalam mencegah cacat tabung saraf janin dan kelahiran prematur.

Meskipun demikian, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan terkait aturan minum jus buah bit agar aman bagi ibu dan janin. 

Antioksidan yang baik

Untuk mengaplikasikannya, Anda bisa membuat dalam produk jus, atau bisa ditambahkan sebagai pewarna merah keunguan alami untuk membuat mie

Mengontrol tekanan darah

Selain mengambil bagian umbinya yang manis, disarankan pula mengonsumsi bagian daunnya karena mengandung zat nitrat yang manfaatnya bagus untuk menurunkan tekanan darah sekaligus mencegah penyakit jantung. Sangat disarankan menyantapnya dalam keadaan segar.

Melancarkan pencernaan

Adanya senyawa betalains, diketahui sangat bagus mencegah kembung, menjaga keberadaan bakteri baik, hingga memaksimalkan penyerapan nutrisi. Menjadikannya baru kemudian diminum rutin, membantu melancarkan buang air besar (BAB).

KEYWORD :

Buah bit manfaat olahan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :