Jum'at, 17/05/2024 14:13 WIB

Meski Pahit, Inilah Khasiat dari Pare

Meskipun rasanya pahit, sayur pare memiliki banyak khasiat salah satunya untuk mencegah kanker

Manfaat pare ( Foto : Katadata )

Jakarta, Jurnas.com - Pare adalah jenis sayuran yang terkenal dengan rasa pahitnya. Namun, di balik rasa pahit itu, pare memiliki beragam manfaat yang menyehatkan.

Banyak kandungan nutrisi

Diketahui, dalam satu cangkir (94 gram) pare mentah mengandung:

Kalori: 20
Karbohidrat: 4 gram
Serat: 2 gram
Vitamin C: 93% dari Referensi Asupan Harian (RDI)
Vitamin A: 44% dari RDI
Folat: 17% dari RDI
Kalium: 8% dari RDI
Seng: 5% dari RDI
Besi: 4% dari RDI

Pare memiliki banyak kandungan vitamin C, mikronutrien penting memiliki berbagai manfaat, seperti mencegah penyakit, pembentukan tulang, dan penyembuhan luka. Vitamin A yang tinggi dalam pare, akan larut dalam lemak, sehingga berfungsi untuk meningkatkan kesehatan kulit dan penglihatan.

Pare juga mengandung folat yang penting bagi pertumbuhan dan perkembangan, serta potasium, seng, dan zinc dalam jumlah yang lebih kecil.

Selain itu, pare juga merupakan sumber katekin, asam galat, epikatekin, dan asam klorogenat.

Menurunkan kadar gula

Sejumlah penelitian menunjukkan dengan mengonsumsi 2.000 mg pare setiap hari menurunkan gula darah dan hemoglobin A1c, sebuah tes yang digunakan untuk mengukur kontrol gula darah selama tiga bulan.

Sementara itu, dalam studi lainnya yakni pada 40 penderita diabetes ditemukan bahwa mengonsumsi 2.000 mg per hari pare selama 4 minggu membantu penurunan kadar gula darah.

Dapat diketahui, pare juga dapat meningkatkan sekresi insulin, hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur kadar gula darah.

Cegah kanker

Ekstrak pare efektif membunuh sel kanker lambung, usus besar, paru-paru, dan nasofaring.

Selain itu, ekstrak pare mampu memblokir pertumbuhan dan penyebaran sel kanker payudara. Namun, perlu diingat bahwa penelitian yang dilakukan menggunakan ekstrak pare dalam jumlah yang terkonsentrasi pada sel individu di laboratorium.

Turunkan kolestrol

Manfaat pare selanjutnya adalah, mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Diketahui, kolesterol disebabkan oleh plak lemak yang bertumpuk pada arteri manusia.

Turunkan berat badan

Karena pare juga mengandung sekitar 2 gram serat dalam setiap porsi satu cangkir (94 gram). Serat melewati saluran pencernaan dengan sangat lambat, sehingga saat dikonsumsi dapat merasa kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar dan nafsu makan.

KEYWORD :

Pare manfaat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :