Jum'at, 17/05/2024 15:20 WIB

Wow, Kaktus Ini Efektif Turunkan Berat Badan

Masih banyak yang belum tau kalau kaktus bisa menurunkan berat badan, caranya ?

Kaktus Nopales ( Foto : Antaranews )

Jakarta, Jurnas.com  -  Bagi orang-orang yang gemar tanaman hias di rumah, salah satunya adalah kaktus.

Siapa sangka, Kaktus tanaman penuh duri yang berfungsi selian sebagai tanaman hias ternyata menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan lho. Seperti mulai dari menurunkan berat badan sampai menurunkan risiko penyakit jantung.

Namun, hanya rerdapat puluhan jenis kaktus yang aman di konsumsi, salah satunya adalah kaktus nopales atau prickly pear yang sangat populer di Amerika Latin dan Meksiko. 

Ketika dipotong dan dihilangkan durinya, kaktus nopales menyerupai paprika hijau. Tanaman ini kemudian dapat diubah menjadi jus, selai, teh, atau tumisan.

Dan cara memasak sayuran kaktus biasanya dipotong-potong kecil, kemudian di tumis. Namun ada juga yang menambahkan rempah atau telur orak-arik. Hasil tumisan biasanya dimakan bersama keripik nacos.

Menariknya, kaktus juga dapat dimakan mentah atau ditumis bersama bahan pelengkap lainnya. Agar hidangan terasa lebih lezat, tumbuhan kaktus yang digunakan sebaiknya masih muda dan empuk.

Beragam Manfaat Kaktus Berdasarkan Sumber Penelitian :

1. Kaya kandungan gizi

Kaktus mengandung berbagai nutrisi bermanfaat. Kaktus mentah seberat 128 gram mengandung 3 gram karbohidrat, 1 gram protein, 2 gram serat, dan 14 kkal.

Serta, kaktus memberikan tubuh Anda 20 mikrogram vitamin A, 8 miligram vitamin C, 4,6 mikrogram vitamin K, dan 141 miligram kalsium.

2. Memperlancar pencernaan

Hal ini karena kaktus mengandung banyak serat pangan yang penting bagi proses pencernaan. Kandungan serat pada makanan membuat feses menjadi padat sehingga lebih mudah dikeluarkan dari saluran cerna.

3. Membantu mengendalikan gula darah

Khasiat kaktus ini didukung oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal ISRN Pharmacology.

Penelitian tersebut menemukan bahwa ekstrak biji kaktus bisa menurunkan gula darah dam meningkatkan glikogen pada otot dan hati.

4. Menurunkan risiko kanker

Manfaat ini berasal dari kandungan antioksidan yang begitu beragam.

Dengan makan kaktus, Anda bisa mendapatkan antioksidan berupa pektin, karoten, asam askorbat, betalain, polifenol, dan asam galat.

5. Membantu menurunkan berat badan

Kaktus dapat menurunkan berat badan dengan berbagai cara.

Pertama, terdapat kandungan vitamin B kompleks yang di dalamnya akan mempercepat laju metabolisme sehingga akan lebih banyak kalori yang dibakar.

Kedua, kandungan serat membuat Anda kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan.

6. Menurunkan kolesterol

Kaktus, terutama jenis nopalitos mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Serat larut membantu mengikat kolesterol dalam usus dan mencegahnya yang diserap ke dalam aliran darah. Hal ini dapat menjaga kolesterol darah tetap normal.

Serta, ini juga mengandung fitosterol yang mirip dengan struktur kolesterol.

7. Mengandung antioksidan yang tinggi

Kaktus nopalitos juga kaya antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan dipercaya telah menangkal berbagai penyakit dan gangguan kesehatan.

Perlu diingatkan, manfaat makan kaktus yang satu ini akan semakin baik jika diimbangi dengan konsumsi obat-obatan sesuai dengan resep dokter.

KEYWORD :

Kaktus Manfaat Nopales




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :