Senin, 13/05/2024 06:27 WIB

Manfaat Buah Kiwi, Salah Satunya Meningkatkan Kualitas Tidur

Buah kiwi kaya akan vitamin C, antioksidan, dan serat. Kandungan nutrisi ini menjadikan manfaat buah kiwi bagi kesehatan semanis rasanya.

Manfaat kiwi bagi kesehatan ( Foto : Jovee )

Jakarta, Jurnas.com - Buah kiwi adalah buah yang berbentuk menyerupai telur ayam dengan kulit berwarna cokelat dan bulu-bulu halus di permukaannya ini memiliki nama latin Actinidia deliciosa.

Meski identik dengan negara Selandia Baru, buah kiwi sebenarnya berasal dari Cina bagian timur.

Buah kiwi memiliki rasa yang manis dan warnanya yang menarik membuat buah kiwi populer dijadikan sebagai pemanis kue.

Bahkan, manfaat buah kiwi pun sangat banyak bagi kesehatan yang cocok untuk dijadikan sebagai camilan sehat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah kiwi bagi kesehatan:

Meredakan asma

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada kiwi dapat meredakan gejala asma.

Menjaga pencernaan

Terdapat kandungan serat dalam buah kiwi juga dapat mencegah terjadinya sembelit, sehingga pencernaan terasa lebih lancar.

Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah kiwi juga dapat mencegah penyakit yang disebabkan kerusakan DNA seperti kanker usus besar.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Terdapat juga vitamin C yang menjadi unsur penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan penyakit seperti flu. Caranya, konsumsi sekitar 180 gram buah kiwi dapat mencukupi kebutuhan vitamin C dalam sehari.

Menurunkan tekanan darah

Hal ini salah satu manfaat buah kiwi juga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit yang muncul akibat hipertensi seperti serangan jantung dan stroke.

Meningkatkan kualitas tidur

Ini karena buah kiwi juga mengandung serotonin yang tinggi. Serotonin sendiri adalah senyawa kimia otak yang dapat membantu mengatur siklus tidur, sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi buah kiwi sebanyak 1–2 buah sebelum tidur dapat membantu seseorang tidur lebih cepat dan nyenyak.

Menurunkan risiko pembekuan darah

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi 2–3 buah kiwi per hari dapat menurunkan risiko pembekuan darah dan mengurangi jumlah lemak dalam darah. Pembekuan darah berkaitan dengan berbagai penyakit dan kondisi serius yang bisa mengancam jiwa, seperti stroke, penyakit jantung, dan emboli paru.

Menjaga kesehatan mata

Ini berkat adanya kandungan karoten, antioksidan, serta lutein dan zeaxanthin. Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi buah kiwi setiap hari dapat menurunkan risiko terkena degenerasi makula sebesar 36%.

Meski begitu, Anda juga disarankan untuk mewaspadai gejala alergi yang mungkin muncul, jika ingin memberikan buah kiwi pada anak untuk pertama kalinya.

Jika ingin mengetahui berapa porsi buah kiwi yang dapat Anda konsumsi setiap harinya, konsultasikan ke dokter gizi ntuk mendapatkan saran yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

KEYWORD :

Kiwi Manfaat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :