Sabtu, 04/05/2024 22:05 WIB

Tak Hanya Gurih, Inilah Manfaat Kaya Nutrisi Ikan Lele bagi Si Kecil

Manfaat ikan lele tak kalah penting dengan jenis ikan lainnya. Apalagi ikan lele mudah didapat dan diolah menjadi makanan lezat untuk si Kecil.

Manfaat lele bagi anak ( Foto : Alodokter )

Jakarta, Jurnas.com - Mungkin selama ini sebagian Ibu lebih sering mengolah ikan salmon atau tuna sebagai salah satu makanan bernutrisi tinggi kepada anak, terutama untuk meningkatkan kecerdasan dan mendukung tumbuh kembangnya. 

Akan tetapi, Ibu juga sebenarnya bisa mendapatkan manfaat ikan lele yang penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil. Sebab, manfaat ikan lele tersebut juga kaya akan kandungan nutrisi yang cukup tinggi dan beragam apalagi ikan ini rendah merkuri. 

Berikut ini beberapa manfaat ikan lele yang penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang si Kecil.

Mendukung kesehatan tulang dan gigi

Manfaat ikan lele ini bisa didapatkan oleh si Kecil karena ikan lele sebagai salah satu sumber vitamin D dan kalsium. Sebagai sumber vitamin D dan kalsium, ikan lele mampu membangun dan memperkuat tulang dan gigi. 

Mengoptimalkan perkembangan otak

Kandungan lemak dalam ikan lele berasal dari omega 3 dan omega 6. Kedua nutrisi ini merupakan asam lemak esensial yang penting untuk mengoptimalkan fungsi perkembangan otak si Kecil. 

Sebagai daya tahan tubuh

Kandungan protein dalam manfaat ikan lele menjadi ‘penopang’ untuk membangun, memelihara, dan memperbaiki jaringan dan sel tubuh, serta sebagai sumber energi untuk menunjang aktivitas sehari-hari. 

Protein dalam manfaat ikan lele ini nantinya akan dipecah menjadi bentuk yang lebih sederhana di dalam tubuh. Bentuk sederhana tersebut dikenal juga dengan istilah 9 Asam Amino Esensial (9AAE). 

Untuk kesehatan jantung

Guna menjaga kesehatan jantung si Kecil, maka Ibu perlu mencukupi asupan protein dan asam lemak omega 3 secara tepat, salah satu olahannya yaitu ikan lele.

Mencegah anemia

Itulah sebabnya, penting bagi Ibu untuk mencukupi asupan nutrisi yang dapat mencegah anemia, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 seperti ikan lele. Kehadiran vitamin B12 dalam ikan lele sangat penting untuk memproduksi sel darah merah dalam tubuh. 

KEYWORD :

Ikan lele manfaat anak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :