Sabtu, 18/05/2024 15:21 WIB

Inovasi Tren Minuman Kekinian, Polaris Gelar Kompetisi Mixologist Pertama di Indonesia

Mixology merupakan sebuah seni dan ilmu dalam meracik minuman dengan berbagai macam bahan yang dicampur untuk menghasilkan minuman dengan cita rasa baru, unik dan orisinil.

Seorang peserta sedang meracik minuman dalam kompetisi Polaris Master ExPOLrasi 2024. Foto: dok. Jurnas

JAKARTA, Jurnas.com – Tren makanan dan minuman di Indonesia kian berkembang, khususnya di kalangan anak-anak muda yang belakangan menyebutnya dengan istilah Makanan atau Minuman Kekinian.

Setiap tahunnya pasti selalu bermunculan hal baru yang menarik untuk dicoba. Sekitar 49,25% penduduk Indonesia menghabiskan sebagian besar uangnya untuk membeli makanan dan minuman (F&B).

Secara demografis, 53,81% dari populasi ini adalah generasi muda milenial yang gemar mencoba produk dan pengalaman baru.

Maka tidak heran kini industri restoran dan kafe berloma-lomba untuk menawarkan beragam konsep unik pada setiap menunya.

Tidak hanya menu makanan, kini mengonsumsi minuman dengan rasa dan penyajian unik yang dikenal dengan Mixology juga tengah menjadi tren.

Suguhan minuman yang unik dengan proses pembuatan yang rumit ini menjadi preferensi terkini para anak muda agar dapat merasakan cita rasa dan sensasi dari minuman-minuman tersebut.

Mixology merupakan sebuah seni dan ilmu dalam meracik minuman dengan berbagai macam bahan yang dicampur melalui serangkaian uji coba dan pengembangan dengan tujuan untuk menghasilkan minuman dengan cita rasa baru, unik dan orisinil.

Tentunya diperlukan keterampilan khusus dari para Mixologist agar dapat menuangkan kreativitas dan keahlian mereka untuk meracik  kreasi minuman dengan rasa yang unik, inovatif dan berkualitas.

Polaris Drink sebagai brand minuman berkarbonasi milik PT Tempo Scan Pacific Tbk. mengajak para bartender maupun Mixologist profesional dan berkualitas untuk ikut serta dalam gelaran kompetisi Mixologist yang bertajuk Polaris Master ExPOLrasi 2024.

Rangkaian kompetisi ini melibatkan peserta yang datang dari kalangan hotel, restoran, maupun café ternama di Ibukota dan berlangsung pada hari Jum’at (3/5/2024), di Artotel Suites Mangkuluhur, Jakarta.

"Melalui kompetisi ini, Polaris ingin memberikan tantangan kepada para Mixologist berbakat di Indonesia yang saat ini sedang berkembang dengan menunjukkan kepiawaian mereka untuk mengeksplorasi ide-ide baru dalam meracik minuman dengan berbahan dasar Polaris yang dikombinasikan bersama bahan lainnya sehingga menghasilkan sebuah minuman dengan cita rasa yang unik dan spesial," kata Aviaska D. Respati, Managing Director CCHC PT Tempo Scan Pacific Tbk, Sabtu (4/5/2024).

Pada kompetisi perdana ini, Polaris Master ExPOLrasi menggandeng sejumlah juri profesional yang merupakan para ahli di bidang industri makanan dan minuman di Indonesia, salah satunya yaitu William Gozali, yang dikenal sebagai chef ternama di Indonesia.

Ia dikenal memiliki keahlian khusus dalam menciptakan berbagai kreasi minuman unik yang lezat.

William mengungkapkan antusiasmenya dalam keterlibatannya sebagai juri di kompetisi ini. “Berkaca dari pengalaman karir saya yang juga berangkat dari sebuah kompetisi, tentunya saya sangat antusias untuk dapat menjadi saksi dalam lahirnya bibit-bibit Mixologist berbakat di Indonesia,” ujar pria yang kerap disapa WillGoz.

Para finalis berlomba dalam adu kepiawaian meracik minuman di hadapan juri dan bersaing ketat dengan diuji berdasarkan kriteria penilaian. Setiap peserta diminta untuk bereksperimen dan membuat minuman yang menarik dengan berbagai bahan dan teknik. Kreasi ini wajib melibatkan varian terbaru dari produk Polaris yaitu Polaris Bitter Lemon yang hadir melengkapi rangkaian Polaris Soda Water, Polaris Coffee Cream dan Polaris Sarsaparila. Polaris minuman berkarbonasi yang sudah 10 tahun menemani masyarakat Indonesia.

Setelah melalui penilaian yang ketat, kompetisi ini akhirnya dimenangkan oleh tiga Mixologist terbaik. Seluruh pemenang selain dinobatkan sebagai Polaris Master ExPOLrasi juga mendapatkan trophy dan sertifikat serta uang tunai dengan total jutaan rupiah.

"Selamat kepada para pemenang, saya memberikan apresiasi tertinggi kepada para finalis yang telah bersaing ketat untuk dapat menciptakan kreasi minuman yang tidak hanya sekedar enak dan memiliki visual yang menarik, tapi juga mampu membuat minuman yang memiliki cerita yang kuat dibalik resepnya, baik dari sejarahnya maupun esensinya," kata William Gozali.

Ia berharap kompetisi Polaris Master ExPOLrasi ini menjadi ajang untuk melatih dan menantang kemampuan diri para peserta, bahkan mampu membuka peluang untuk dapat bersaing di industri global.

Aviaska juga berharap seluruh peserta, terutama para pemenang, berhasil mendapat inspirasi hasil racikan minuman yang spesial setelah bereksplorasi bersama Polaris.

KEYWORD :

Mixologist Racik minuman Polaris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :