Senin, 13/05/2024 11:53 WIB

Bahlil: Tiga Faktor Penyebab Muncul Polarisasi

Dikatakan Bahlil, ada juga secara wilayah yang bermacam-macam

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. (Biro Humas Kementerian Investasi dan BKPM)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Investasi dan Kepala BPKM, Bahlil Lahadalia mengatakan, ada tiga faktor induk atau penyebab kemungkinan munculnya polarisasi.

Hal itu diungkapkan Bahlil dalam Rilis Survei Nasional bertajuk "Polarisasi Politik di Indonesia: Mitos atau Fakta?" di Jakarta, Minggu (19/3/2023).

Pertama, menurut Bahlil yaitu negara Indonesia memiliki suku yang banyak dari Aceh hingga Papua. Kemudian memiliki agama yang beragam yaitu Islam, Katolik, Protestan, Hindu, Budha, dan Konghucu.

"Mengingat kita berbeda-beda suku, berbeda-beda agama, keyakinan juga dengan apa yang diyakini dalam ajaran agamanya, ini saja sudah berpotensi menurut saya itu satu," ungkap Bahlil.

Dikatakan Bahlil, ada juga secara wilayah yang bermacam-macam. Hal itu juga menjadi potensi terjadinya polarisasi dan potensi yang besar juga yaitu terkait ekonomi ada kelas atas dan bawah.

"Mungkin ini faktor induk dari munculah akhirnya polarisasi. Sekarang kita berbicara negara kita negara politik dan menjurus kepada momentum politik dan faktanya memang demikian," tandas Bahlil.

KEYWORD :

Bahlil Lahadalia Polarisasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :