Sabtu, 27/07/2024 08:13 WIB

Polimarin Siapkan SDM Maritim Lewat Program Zheng He College

Kerja sama Zheng He College antara Polimarin dan mitra industri asal China bertujuan menyiapkan bakat dan talenta bidang maritim berkelas dunia

Penandatanganan kerja sama antara Polimarin dengan mitra industri asal China (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) meluncurkan Zheng He College, hasil kolaborasi dengan Jiangsu Shipping College (JSSC) China, Jiangsu Zhongtian Technology (ZTT), Shanghai Sinoship Seafarer Management, dan Jiangsu Zhenghe Research Association,

Selain meningkatkan kualitas lembaga dan lulusan, kerja sama internasional yang diluncurkan di Kampus Polimarin, Jawa Tengah, pada Rabu (15/5) ini juga bertujuan menyiapkan bakat dan talenta bidang maritim berkelas dunia.

Direktur Polimarin, Akhmad Nuriyanis, mengatakan bahwa kerja sama dengan JSSC sangat strategis bagi Polimarin dalam menyiapkan dan meningkatkan kualitas lulusan untuk memenuhi kebutuhan industri kemaritiman berskala internasional.

Menurut Akhmad, sebagai mitra perguruan tinggi vokasi, JSSC menunjukkan komitmen kuat dalam menyelenggarakan pendidikan dengan menyiapkan SDM-SDM vokasi kemaritiman sesuai standar internasional.

"Dengan kerja sama ini diharapkan kedua PTV dapat saling menguatkan. Dukungan dari mitra JSSC yang juga akan memfasilitasi Polimarin dalam menyiapkan SDM vokasi kemaritiman berkelas dunia," kata Akhmad.

Rangkaian program kerja sama yang akan dilakukan melalui Zheng He Collage meliputi program pengembangan pendidikan dan pelatihan vokasi yang ditujukan untuk peningkatan kompetensi, baik tenaga pendidik maupun peserta didik.

Saat ini tim pengajar JSSC juga sudah berada di Polimarin dan siap memberikan pelatihan bahasa Mandarin bagi mahasiswa yang berminat mengikuti program tersebut. Nantinya, para peserta juga berkesempatan untuk mengikuti pendidikan bidang kemaritiman secara langsung di JSSC.

"Jika mahasiswa dinyatakan memenuhi kriteria, mereka juga bisa mendapat kesempatan untuk bergabung atau bekerja di industri mitra dari JSSC," kata Akhmad menambahkan.

Selain pertukaran mahasiswa, program ini juga memfasilitasi pertukaran dosen dalam memperkaya khasanah keilmuan dosen. Zheng He Collage merupakan satu-satunya program kerja sama yang dilakukan JSSC dengan perguruan tinggi di luar negeri.

"Karena Indonesia, dan Semarang khususnya memiliki background sejarah Laksamana Cheng Ho yang melaksanakan pelayaran dari Kota Nantong/Jiangsu China, dan tujuh kali singgah di Jawa, yakni di Semarang," ujar Akhmad.

Sementara itu, Direktur Jiangsu Shipping College, Wu Lihua, mengatakan kerja sama dengan Polimarin merupakan prioritas. Kerja sama ini menjadi lebih istimewa karena melibatkan banyak pihak, paling tidak dua perguruan tinggi, dua industri, dan satu asosiasi.

"Zheng He College menandai komitmen terpadu dari lima pihak untuk membina bakat maritim nasional serta mengumpulkan sumber daya pendidikan dan praktisi unggul dari dua perguruan tinggi dan dua perusahaan. Hal ini mencerminkan semangat pertukaran budaya antara Tiongkok dan Indonesia, yang menandai pendekatan baru terhadap reformasi pendidikan kemaritiman," kata Wu Lihua.

KEYWORD :

Zheng He College Polimarin Kerja Sama Vokasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :