Selasa, 21/05/2024 20:21 WIB

Inggris Ogah Ikut-ikutan Boikot Piala Dunia 2022

The Three Lions telah memastikan sebagai peserta Piala Dunia 2022 yang akan digelar akhir tahun ini, dan menjadi salah satu unggulan teratas saat pengundian dilakukan bulan depan.

Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate (Foto: Goal)

London, Jurnas.com - Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate menegaskan negaranya tidak akan ikut-ikutan memboikot Piala Dunia Qatar 2022, yang dia anggap tidak akan menyelesaikan masalah.

The Three Lions telah memastikan sebagai peserta Piala Dunia 2022 yang akan digelar akhir tahun ini, dan menjadi salah satu unggulan teratas saat pengundian dilakukan bulan depan.

Tetapi turnamen tersebut menuai kritik luas terkait dengan tuduhan korupsi dan pelanggaran hak asasi manusia. Southgate menyebut masalah itu tidak boleh diabaikan.

"Saya tidak benar-benar tahu apa yang dicapai (dari boikot). Ini akan menjadi cerita besar, tetapi turnamen akan tetap berjalan," ujar Southgate dikutip dari Goal pada Sabtu (26/3).

"Faktanya dan sayangnya, masalah terbesar yang non-agama dan non-budaya, adalah apa yang terjadi dengan pembangunan stadion dan sayangnya kami tidak bisa berbuat apa-apa," lanjut dia.

"Kami telah mengetahui selama delapan tahun bahwa ini akan terjadi di Qatar. Apakah sikap terhadap Qatar sebagai sebuah negara? Kami terkait, seperti yang kami lihat dengan Rusia, dengan segala macam investasi di negara ini," ujar dia.

"Ini rumit. Masalahnya sendiri tidak rumit, semua dampak hubungan diplomatik dan berurusan dengan negara lain dan organisasi lain sangat rumit."

Satu rival Inggris yang tidak harus bersaing di Qatar adalah pemenang Euro 2020 Italia, yang mengalahkan The Three Lions dalam adu penalti musim panas lalu di Wembley untuk mengklaim gelar Euro 2020.

Untuk Piala Dunia kedua berturut-turut, Azzurri akan absen setelah kalah playoff dari Makedonia Utara, dan Southgate mengakui bahwa dia terkejut dengan kekalahan tersebut.

"Itu adalah kejutan besar. Saya pikir kualifikasi selalu (diremehkan). Saya menduga melihat hasil dan penampilan Italia berada di posisi itu, tetapi ada margin bagus dalam tiga atau empat pertandingan mereka dan itulah sepakbola," tutup Southgate.

KEYWORD :

Piala Dunia 2022 Boikot Timnas Inggris Gareth Southgate




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :