Kamis, 21/11/2019 02:14 WIB

Tak Hanya Kreatif, Industri Fashion Juga Peduli Lingkungan

Mereka mencetuskan Fashion Rhapsody. Itu merupakan sebuah ide yang muncul karena adanya isu lingkungan yang ditimbulkan oleh industri fesyen 

acara Road to Event Fashion Rhapsody, “Harmoni Bumi” di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (2/11).

Jakarta, Jurnas.com - Masalah penanganan sampah menjadi perhatian sejumlah pihak. Termasuk empat orang perancang busana kenamaan di Indonesia. Yakni Arie Arka, Ayu Dyah Andari, Chintami Atmanagara, dan Yulia Fandy.

Nama-nama tersebut boleh jadi telah dikenal lantaran kerap mempertunjukkan karya rancang mereka di ajang-ajang besar yang diselenggarakan oleh Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) seperti Indonesia Fashion Week, Ramadhan Runway, dan seterusnya.

Namun kali ini mereka secara mandiri bersinergi mengantarkan sebuah vibra baru dalam mempresentasikan karya busana yang memesona, sembari menginfus inspirasi kepedulian terhadap alam, lingkungan, dan human.

Mereka mencetuskan Fashion Rhapsody. Itu merupakan sebuah ide yang muncul karena adanya isu lingkungan yang ditimbulkan oleh industri fesyen sebagai salah satu penyumbang limbah terbanyak di dunia.

“Ide ini berkembang menjadi sebuah keinginan untuk membuat event fashion yang berbeda dengan tema lingkungan. Dan dengan aksi untuk kita lebih sadar akan isu lingkungan serta menjadikan harmoni antara manusia dan bumi agar saling menjaga,” ujar Arie Arka di acara Road to Event Fashion Rhapsody, “Harmoni Bumi” di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (2/11).

Arie menambahkan, di ajang Harmoni Bumi, para desainer yang terinspirasi dengan alam. Sehingga berkomitmen mendukung kelestarian bumi.

“Harapan terbesar kami dapat menjadikan Fashion Rhapsody sebagai perhelatan mode tahunan yang membubuhkan pesan-pesan isu lingkungan,” tambahnya.

Dia menambahkan, Road to Event Fashion Rhapsody “Harmoni Bumi” merupakan acara kedua dari rangkaian acara Fashion Rhapsody. Sebelumnya, Pre Event Fashion Rhapsody sudah dilaksanakan pada tanggal 30 April 2019 di Hallf Patiunus, Jakarta Selatan.

Adapun Road to Event Fashion Rhapsody: Harmoni Bumi dilaksanakan dari tanggal 29 Oktober sampai dengan 3 November 2019 di Grand Atrium Hall, Mall Kota Kasablanka. Pada Opening Ceremony, mereka mengundang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk hadir.

Fashion Rhapsody bekerja sama dengan Mall Kota Kasablanka sebagai tempat diselanggarakannya Road to Event Fashion Rhapsody dan Jakarta Tourism Forum (JTF). Itu akan menjadikan Fashion Rhapsody sebagai event yang akan dilaksanakan di Jakarta setiap tahunnya dan dicantumkan dalam kalender event JTF.

“Road to Event Fashion Rhapsody merupakan acara yang dilakukan untuk menambah awareness masyarakat, khususnya warga Ibukota DKI Jakarta tentang apa itu Fashion Rhapsody dan tentang Main Event Fashion Rhapsody yang akan dilaksanakan pada Februari 2020 mendatang di The Tribrata, Jakarta Selatan,” tutur Arie.

Beberapa rangkaian acara yang disediakan dalam acara ini diantaranya adalah bazar, fashion show, talkshow, artist performance. “Serta masih banyak lagi yang lainnya akan menemani seluruh pengunjung Mall Kota Kasablanka untuk beberapa hari selanjutnya,” pungkasnya.

TAGS : Fashion Rhapsody Peduli Lingkungan Perancang Busana




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :