Selasa, 17/09/2019 03:13 WIB

Perang Dagang AS-China Ditunda

ketegangan perdagangan telah dikesampingkan sebagai perunding Cina dan Amerika bekerja untuk membangun kerangka kerja yang akan memungkinkan kedua negara

Ilustrasi bendera AS dan China (foto: google)

Jakarta - Administrasi Trump menyampaikan bahwa perang perdagangan antara Amerika Serikat dan China ditunda karena kedua negara telah membuat kemajuan dalam negosiasi.

Menteri Keuangan Steven Mnuchin mengatakan ketegangan perdagangan telah dikesampingkan sebagai perunding Cina dan Amerika bekerja untuk membangun kerangka kerja yang akan memungkinkan kedua negara untuk mengatasi ketidakseimbangan perdagangan di masa depan.

"Kami menunda perang dagang," kata Mnuchin dilansir UPI.

"Kami telah sepakat untuk menunda penangguhan tarif sementara kami mencoba mengeksekusi kerangka kerja. Presiden telah sangat jelas sejak pertemuan pertama dengan Presiden Xi di Mar-a-Lago, bahwa kami akan mengurangi defisit perdagangan," lanjutnya.

Mnuchin menambahkan kerangka kerja termasuk kesepakatan yang diumumkan Sabtu di mana China setuju untuk secara substansial meningkatkan pembelian barang dan jasa AS untuk mengurangi defisit perdagangan.

"Kami juga membahas masalah struktural yang sangat penting yang akan mereka buat dalam ekonomi mereka untuk memastikan bahwa kita memiliki kemampuan yang adil untuk bersaing di sana, dan juga perlindungan tentang teknologi, yang sangat penting bagi presiden," kata Mnuchin.

Direktur Dewan Ekonomi Nasional Larry Kudlow juga mengatakan Amerika Serikat dan China telah membuat kemajuan dalam negosiasi perdagangan.

"Kami ingin China membuka pasar, menurunkan tarif, menurunkan hambatan non-tarif, memberi kami kesempatan. Kami juga ingin China untuk mengubah perilaku mereka sehubungan dengan transfer teknologi dan juga pencurian hak kekayaan intelektual," kata Kudlow.

"Sekarang, apakah kita akan mendapatkan semuanya? Saya tidak tahu, tetapi saya akan mengatakan ini: Kami membuat kemajuan luar biasa dan saya pikir pertemuan di sini di Washington sangat positif," lanjutnya.

Kudlow mengatakan dia tidak bisa memastikan apakah kemajuan terbaru akan mencegah biaya $ 150 miliar yang diajukan. Dia menambahkan para petani AS mungkin masih menghadapi dampak tarif pada produk pertanian dalam perselisihan perdagangan di masa depan.

"Tarif adalah bagian dari negosiasi dan tarif mungkin harus menjadi bagian dari penegakan apa pun. Anda tidak dapat melakukan perubahan besar semacam ini tanpa menggunakan semua yang ada di dalam tabung Anda, dan saya pikir presiden telah membuat itu sangat jelas," katanya.

TAGS : China AS Hubungan Bilateral Trump




TERPOPULER :