Kamis, 25/04/2024 21:28 WIB

Dituduh Curi Data Facebook, Cambridge Analytica Ditutup

Wylie mengatakan kepemimpinan di Cambridge Analytica ingin melawan perang budaya.

Facebook Inc

Jakarta - Cambridge Analytica mengumumkan penutupan perusahaan pada Rabu di tengah tuduhan perusahaan mengakses data dari jutaan pengguna Facebook secara ilegal.

Perusahaan yang berbasis di Inggris dan afiliasinya, SCL Elections, sedang mengajukan proses kepailitan di Inggris dan Amerika Serikat.

Cambridge Analytica mengatakan "pengepungan liputan media" dari transaksi dengan Facebook telah mengusir pelanggan, meninggalkan bisnis tidak lagi layak. Ia mengatakan laporan tentang bagaimana ia memperoleh dan menggunakan data pengguna Facebook tidak berdasar.

"Meskipun upaya perusahaan untuk memperbaiki catatan, itu telah difitnah untuk kegiatan yang tidak hanya legal, tetapi juga secara luas diterima sebagai komponen standar dari iklan online baik di arena politik dan komersial," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan dilansir UPI.

Akademisi Cambridge Aleksandr Kogan dan perusahaannya Global Science Research menggunakan aplikasi kuis "This Is Your Digital Life" untuk mengumpulkan data dari 270.000 pengguna - dan teman pengguna, yang tidak berpartisipasi dalam kuis - yang kemudian dibagikan dengan Cambridge Analytica pada tahun 2015. Perusahaan menggunakan informasi demografis dari 87 juta pengguna Facebook untuk menargetkan iklan politik.

Pada bulan Maret, whistleblower dan co-founder Cambridge Analytica, Christopher Wylie mengungkapkan perusahaan itu menyimpan data pengguna tanpa persetujuan mereka bahkan setelah Facebook mengatakan kepada perusahaan untuk menghapusnya.

Wylie mengatakan perusahaan itu awalnya didanai oleh miliarder Robert Mercer dan bosnya adalah mantan pendiri Breitbart dan penasihat Gedung Putih Steve Bannon.

Wylie mengatakan kepemimpinan di Cambridge Analytica ingin melawan perang budaya.

"Aturan tidak penting bagi mereka. Bagi mereka, ini adalah perang, dan semuanya adil," katanya. "Mereka ingin berperang di Amerika."

"Cambridge Analytica seharusnya menjadi gudang senjata untuk melawan perang budaya itu."

Wylie mengatakan dia menggunakan pengkodean untuk mengeksekusi gagasan Bannon dan Mercer untuk menggabungkan data besar dan media sosial untuk menargetkan pengguna Facebook berdasarkan profil psikologis.

Pada 20 Maret, Cambridge Analytica menangguhkan CEO Alexander Nix dan mengatakan sedang menyelidiki komentar yang dibuat Nix dalam rekaman rahasia. Dia mengatakan perusahaan dapat diam-diam kompromi dengan rival politik dengan mengatur kampanye kotor, mengatur pertemuan dengan pelacur dan melancarkan situasi suap.

Counsel Julian Malins, yang melakukan penyelidikan internal Cambridge Analytica, mengatakan tuduhan terhadap perusahaan tidak dibuktikan oleh fakta-fakta.

"Saya memiliki akses penuh ke semua anggota staf dan dokumen dalam persiapan laporan saya," kata Malins.

"Temuan saya sepenuhnya mencerminkan keheranan staf, menonton program televisi dan membaca laporan sensasional, bahwa salah satu dari media ini dapat berbicara tentang perusahaan tempat mereka bekerja. Tidak ada apa pun yang mereka dengar atau baca bergema dengan apa mereka benar-benar melakukannya untuk mencari nafkah. "

Kampanye Presiden Donald Trump menggunakan layanan Cambridge Analytica untuk pemilihan presiden 2016.

KEYWORD :

Cambridge Analitica Amerika Facebook




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :