Sabtu, 11/05/2024 03:10 WIB

Cegah Covid-19, Pesantren Al Andalus Bogor Pakai GeNose

Genose mempunyai akurasi diatas 90 persen mendeteksi Covid-19.

GeNose, alat pendeteksi Covid-19 karya Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Bogor, Jurnas.comPesantren Islam Internasional Al-Andalus menggunakan alat pendeteksi Covid-19 GeNose yang dikembangkan para peneliti di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Pesantren melengkapi dengan GeNose untuk screening Covid-19 di lingkungan pesantren,” kata Mudir ‘Am Pesantren Al-Andalus Ustaz Nurdin Apud Sarbini melalui keterangan tertulis yang diterima jurnas.com di Jakarta, Jumat (18/6/2021).

Nurdin mengatakan, pembelian GeNose telah direncanakan sejak lama, ketika Pesantren Al-Andalus menghadiri seminar pengenalan GeNose yang diselenggarakan Perkumpulan Lembaga Dakwah dan Pendidikan Islam Indonesia (Puldapii), Januari lalu di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat.

Kegiatan yang dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan itu menghadirkan Direktur PT Hikari Solusindo Sukses (PT HKS) Eko Fajar Nurprasetyo. PT HKS merupakan salah satu anggota konsorsium pengadaan GeNose.

Nurdin mengungkapkan, selain merupakan alat hasil karya anak negeri, sesuai informasi yang disampaikan tim peneliti UGM, alat itu mempunyai akurasi diatas 90 persen.
Selain itu, lanjutnya, pembelian GeNose sebagai salah satu upaya agar pembelajaran tatap muka yang dilakukan pesantren yang memiliki sekitar 700 santri itu bisa berjalan lancar.

“Ini juga sebagai ikhtiar kita berpartisipasi membantu pemerintah dalam melakukan testing dan tracing. Sedangkan treatment atau pengobatan itu domainnya pemerintah,” terang dia.

Sementara Direktur PT HKS Eko Fajar menyebutkan, GeNose sangat cocok untuk pesantren yang melakukan tatap muka sebagai ‘penjagaan perbatasan’ (border protection).

“Orang yang masuk perbatasan kita, dia aman atau tidak. Dia tertular virus covid-19 atau tidak,” kata dia dalam pemaparannya.

Lebih lanjut Eko menjelaskan, GeNose juga bisa berfungsi untuk memeriksa para santri dan seluruh pegawai pesantren secara berkala.

“Jadi nanti misalkan per dua minggu dilakukan pemeriksaan agar komunitas kita tetap steril,” ujarnya.

KEYWORD :

Pesantren al andalus genose




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :