Selasa, 21/05/2024 05:04 WIB

Rusia Tuduh Jerman Gunakan Mitos Tidak Berdasar soal Peretas yang Perburuk Hubungan Negara

Rusia Tuduh Jerman Gunakan Mitos Tidak Berdasar soal Peretas yang Perburuk Hubungan Negara

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova berbicara saat konferensi pers di Moskow, Rusia, 4 April 2023. REUTERS

MOSKOW - Rusia pada Rabu menuduh Jerman menggunakan mitos tak berdasar tentang peretas Rusia untuk meningkatkan ketegangan dan mengatakan keputusan Berlin untuk menarik duta besarnya akan semakin memperburuk hubungan bilateral.

Jerman mengatakan pihaknya telah memanggil duta besarnya untuk Rusia untuk berkonsultasi setelah Berlin menuduh Moskow melancarkan serangan siber terhadap perusahaan pertahanan dan kedirgantaraan serta partai berkuasa.

“Berlin secara teratur mengeksploitasi mitos aktivitas jahat yang diduga dilakukan oleh peretas Rusia di Jerman, hal ini dilakukan untuk meningkatkan ketegangan dalam hubungan bilateral,” kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova. "Tidak ada bukti yang diberikan."

Berlin mengatakan serangan yang dimulai dua tahun lalu menargetkan Partai Sosial Demokrat yang berkuasa di Jerman serta perusahaan-perusahaan di sektor logistik, pertahanan, kedirgantaraan, dan teknologi informasi. Dikatakan pihaknya belum memberikan rincian kerusakan yang disebabkan karena alasan keamanan.

Zakharova mengatakan Barat terlibat dalam perang informasi melawan Rusia yang mencakup cerita dan klaim fiktif dan palsu yang bertujuan untuk memicu ketakutan terhadap Rusia.

“Penarikan kembali duta besar Jerman dari Moskow tidak lebih dari sebuah langkah tidak bersahabat yang bertujuan untuk menghasut sentimen anti-Rusia di Jerman, yang selanjutnya menyebabkan degradasi hubungan bilateral,” kata Zakharova.

“Seluruh tanggung jawab atas hal ini terletak pada pihak Jerman.”

KEYWORD :

Rusia Jerman Tarik Dubes Tuduhan Peretasan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :