Sabtu, 03/06/2023 09:39 WIB

Paus Pembunuh Merusak Kapal di Lepas Pantai Spanyol

Insiden tersebut mengikuti setidaknya 20 interaksi bulan ini saja di Selat Gibraltar antara kapal kecil dan paus pembunuh

Orca betina yang terancam punah melompat dari air di Puget Sound di sebelah barat Seattle, Amerika Serikat (Foto: Elaine Thompson/AP)

JAKARTA, Jurnas.com - Paus pembunuh merusak parah sebuah kapal layar di lepas pantai Spanyol selatan. Peristiwa ini menambah puluhan serangan orca terhadap kapal yang tercatat sepanjang tahun ini di lepas pantai Spanyol dan Portugis.

Menurut Atlantic Orca Working Group-GTOA, yang melacak populasi subspesies orca Iberia, insiden tersebut mengikuti setidaknya 20 interaksi bulan ini saja di Selat Gibraltar antara kapal kecil dan paus pembunuh.

Pada dini Kamis pagi, sekelompok orca mematahkan kemudi dan menembus lambung setelah menabrak Mustique saat berlayar ke Gibraltar, mendorong empat awak kapal layar untuk menghubungi otoritas Spanyol untuk meminta bantuan, juru bicara penyelamatan maritim kata layanan.

Layanan penyelamatan mengerahkan kapal tanggap cepat dan helikopter yang membawa pompa lambung kapal untuk membantu kapal sepanjang 20 meter (66 kaki), yang berlayar di bawah bendera Inggris, kata juru bicara itu.

Mustique ditarik ke pelabuhan Barbate, di provinsi Spanyol Cadiz, untuk diperbaiki.

Insiden tersebut mengikuti setidaknya 20 interaksi bulan ini saja di Selat Gibraltar antara kapal kecil dan predator puncak yang sangat sosial. Pada tahun 2022, ada 207 interaksi yang dilaporkan, data GTOA menunjukkan.

Meski dikenal sebagai paus pembunuh, orca yang terancam punah adalah bagian dari keluarga lumba-lumba. Mereka dapat mengukur hingga 8 meter (26 kaki) dan beratnya mencapai enam ton saat dewasa.

Awal bulan ini, kapal pesiar berlayar Alboran Champagne mengalami dampak yang sama dari tiga orcas setengah mil laut (kurang dari 1 km) dari Barbate. Kapal tidak dapat ditarik karena terendam banjir dan dibiarkan terapung-apung hingga tenggelam.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2021 tentang interaksi orca dengan kapal di Selat Gibraltar mengatakan bahwa beberapa orca mulai menunjukkan perilaku mengganggu terhadap kapal pada tahun 2020 – sebagian besar adalah kapal layar tetapi juga melibatkan kapal penangkap ikan dan perahu motor.

"Hewan-hewan itu menabrak, mendorong, dan membalikkan perahu," kata laporan itu, mencatat bahwa 14 orca individu, kebanyakan remaja, telah diidentifikasi terlibat dalam perilaku seperti itu.

"Perilaku orca saat berinteraksi dengan perahu tidak teridentifikasi agresif," kata laporan tersebut.

"Kami belum yakin apa asal usul interaksi ini, tetapi masih diduga bahwa itu bisa menjadi perilaku penasaran dan main-main, yang dapat disebabkan oleh diri sendiri, atau di sisi lain dapat menjadi perilaku yang disebabkan oleh permusuhan. insiden dan oleh karena itu perilaku pencegahan," kata laporan itu.

Pedoman yang dikeluarkan oleh Kementerian Transportasi Spanyol menetapkan bahwa setiap kali kapal mengamati adanya perubahan perilaku orca, seperti perubahan arah atau kecepatan yang tiba-tiba, mereka harus meninggalkan area tersebut sesegera mungkin dan menghindari gangguan lebih lanjut pada hewan selama manuver.

Setiap interaksi antara kapal dan orca harus dilaporkan kepada pihak berwenang, tambah kementerian itu.

Sumber: Al Jazeera

TAGS : Paus Pembunuh Spanyol Orca




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :