Selasa, 21/05/2024 03:31 WIB

PMB Perdana Politeknik OTC Bali, Cek Prodi dan Kuotanya

Direktur Politeknik OTC, I Wayan Rediyasa, mengatakan untuk PMB perdana via jalur mandiri ini pihaknya hanya menerima 100 orang mahasiswa

Logo Politeknik OTC Bali (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Politeknik OTC Bali akan melakukan penerimaan mahasiswa baru (PMB) perdana tahun ini, setelah diresmikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) sebagai perguruan tinggi vokasi tahun lalu.

Direktur Politeknik OTC, I Wayan Rediyasa, mengatakan untuk PMB perdana via jalur mandiri ini pihaknya hanya menerima 100 orang mahasiswa. Ini merupakan jumlah akumulatif untuk tiga program studi (prodi).

Adapun ketiga prodi tersebut yakni D-4 Pengelolaan Pariwisata Global, D-4 Pengelolaan Perhotelan, serta D-3 Seni Kuliner. Ketiga prodi ini memiliki keunikannya masing-masing.

Pengelolaan Pariwisata Global terbilang prodi langka, karena tak banyak perguruan tinggi vokasi (PTV) memiliki prodi ini. Tak heran, Politeknik OTC merupakan perguruan tinggi vokasi (PTV) swasta pertama di Indonesia yang memiliki prodi tersebut.

Adapun Prodi Pengelolaan Perhotelan, lanjut Rediyasa, menjadi prodi paling banyak diminati sejauh ini. Meski baru PMB perdana, banyak calon mahasiswa mengakui keunggulan Politeknik OTC Bali di bidang ini, bahkan semenjak sebelum menjadi PTV.

Bila dirunut ke belakang, kampus yang berlokasi di Gianyar ini dulunya ialah lembaga kursus dan pelatihan (LKP) ternama di Pulau Dewata, yang akhirnya `naik kelas` menjadi politeknik setelah diresmikan oleh Kemdikbudristek.

"Sejauh ini yang mendaftar sudah 60 calon mahasiswa. Yang tertinggi masih di Prodi Pengelolaan Perhotelan. Mereka melihat prodi kami memiliki link & match, dan kami juga memiliki pengalaman yang panjang," kata Rediyasa saat dihubungi Jurnas.com pada Jumat (10/5).

Prodi D-3 Seni Kuliner tak kalah menarik. Berkat MoU link & match dengan berbagai hotel berbintang lima di Taiwan, mahasiswa yang nanti sudah berada di semester lima akan dikirim ke Taiwan untuk menjalani proses magang.

"Ini untuk yang D-4 Pengelolaan Perhotelan dan D3 Seni Kuliner. Mereka dirancang di sana setahun," ujar Rediyasa.

Untuk tahun ini, Politeknik OTC Bali akan memulai perkuliahan perdana mulai Agustus mendatang. Adapun biaya kuliah yang dikenakan mulai dari Rp5 juta per semester selama masa promosi.

"Kita biaya per semester untuk D-4 perhotelan dan D4 global, Rp5,5 juta. Seni kuliner Rp6 juta," kata Rediyasa.

KEYWORD :

Politeknik OTC Bali I Wayan Rediyasa Penerimaan Mahasiswa Baru




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :