Sabtu, 20/04/2024 06:35 WIB

Sasar UMKM, Alumnus Beasiswa Teladan Jadi "Dokter Finansial"

Sasar UMKM, Alumnus Beasiswa Teladan Jadi

Alumnus program Beasiswa Teladan Tanoto Foundation, Farizy Yunas (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Cita-cita Farizy Yunas menjadi seorang dokter tidak sepenuhnya gagal. Pasalnya, alumnus program Beasiswa Teladan Tanoto Foundation itu kini malah menjadi seorang `dokter finansial`.

Menurut Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), angka literasi keuangan masyarakat Indonesia cukup rendah, yakni di level 49,68 persen.

Kondisi tersebut dimanfaatkan Farizy untuk mengampanyekan literasi keuangan, terutama untuk generasi muda dan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Tidak jadi dokter betulan, tapi sekarang jadi dokter finansial," kata Analis Planning Performance Management and Commercial Finance di British Petroleum tersebut, dikutip dari buku `INSPIRE, Mozaik Kisah Para Teladan`.

"Banyak orang ingin belajar mengelola keuangan pribadi, tapi bingung bagaimana memulainya," sambung dia.

Menurut Farizy, saat ini tak sedikit masyarakat yang gagal mengelola keuangan akibat terjebak investasi bodong. Di sisi lain, banyak anak muda yang mulai aktif berinvestasi di berbagai instrumen finansial, namun masih banyak yang belum memahami risiko-risikonya.

"Karena itu, perlu penasihat dan fasilitator agar bisa berinvestasi dengan tepat," tutur dia.

Selain pengelolaan keuangan pribadi, Farizy juga banyak mendampingi pelaku UMKM dalam pembenahan manajemen keuangan, salah satunya melalui pembukuan yang tertata baik.

"Pendampingan UMKM ini penting agar pelaku usaha mengetahui untung rugi dari bisnisnya dan bisa membaca peluang lebih baik di masa mendatang," tambah dia.

Diketahui, selama periode 2006 hingga 2022, Tanoto Foundation telah memberikan beasiswa kepada 8.167 mahasiswa di sembilan universitas mitra program Teladan di Indonesia.

CEO Global Tanoto Foundation Dr. J. Satrijo Tanudjojo menerangkan, Tanoto Foundation aktif mendorong terwujudnya kesetaraan peluang melalui pendidikan berkualitas, termasuk akses perguruan tinggi melalui program kepemimpinan dan beasiswa dalam program Teladan. Komitmen tersebut terus dilakukan sejak 2006.

"Selama hampir dua dekade, para penerima beasiswa TELADAN telah lulus, berkarier, dan berkontribusi nyata bagi masyarakat, komunitas, dan lingkungan," tutup dia.

KEYWORD :

UMKM Beasiswa Teladan Tanoto Foundation Farizy Yunas Literasi Keuangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :