Selasa, 14/05/2024 08:23 WIB

Ditjen PKTrans Kejar Revitalisasi Transmigrasi 4.0

Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi saat ini fokus terhadap Program Revitalisasi Kawasan Transmigrasi 4.0. 

Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi saat ini fokus terhadap Program Revitalisasi Kawasan Transmigrasi 4.0.

Jakarta, Jurnas.com - Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi saat ini fokus terhadap Program Revitalisasi Kawasan Transmigrasi 4.0. Sasaran program tersebut terdiri dari 53 Kawasan Transmigrasi dengan total nilai kebutuhan hingga 7,31 Triliun Rupiah.

Revitalisasi Kawasan yang dilaksanakan Ditjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi meliputi Pengembangan Sarana dan Prasarana, Pengembangan Ekonomi, dan Sertifikat Tanah Transmigrasi.

Pada tahun 2019 infrastruktur kawasan transmigrasi terus dibangun guna mendukung tingkat perekonomian. Selain itu beberapa sarana pendidikan di kawasan transmigrasi juga diresmikan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia di Kawasan Transmigrasi.

Menurut data Ditjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi Program Pembangunan dan Peningkatan SDM masyarakat transmigrasi saat ini sudah dilaksanakan pembangunan jalan 1.133 KM, jembatan 2.496 M, Sarana Air Bersih 42 Unit, Drainase 864 KM, Irigrasi 6.763 Ha, Fasilitas Umum 131 Unit, Embung 36 unit, dan Penyerasian Lingkungan sejumlah 39 paket.

Sedangkan untuk tingkat pertumbuhan Ekonomi Ditjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi berhasil mengelola Rice Milling Plaint (RMP) dengan kapasitas giling 1,2 ton/ jam dengan nilai pendapatan mencapai Rp 859.973.120 per tahun.

Untuk Peningkatan SDM di Kawasan Transmigrasi Ditjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi melakukan kerjasama dengan beberapa universitas di seluruh Indonesia untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata di Lokasi Transmigrasi. Tidak jarang dari peningkatan SDM di Kawasan Transmigrasi, saat ini banyak sarjana muda lulusan Universitas Negeri di Indonesia merupakan anak transmigran.

Untuk penerbitan SHM di Kawasan Transmigrasi Ditjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi berhasil merealisasikan sertifikat yang telah terbit dari tahun 2015 sampai Oktober 2019 sebanyak 126.349 bidang. Targetnya untuk 4 tahun ke depan Ditjen Pengembangan Kawasan Transmigrasi dapat menerbitkan 60.000 bidang SHM.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Desa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :