Kamis, 16/05/2024 05:27 WIB

Israel Negara yang Paling Dikutuk PBB

Ada sebanyak 20 resolusi dikeluarkan terkait pelanggaran hak asasi manusia, permukiman ilegal yang diduduki dan pendudukan berkelanjutannya negara itu di Yerusalem Timur.

Logo PBB (Foto: Beapeacekeeper)

Yerusalem - Israel adalah negara yang paling dikutuk di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 2018. Ada sebanyak 20 resolusi dikeluarkan terkait pelanggaran hak asasi manusia, permukiman ilegal yang diduduki dan pendudukan berkelanjutannya negara itu di Yerusalem Timur.

Setidaknya enam resolusi dikeluarkan pada akhir November terkait konflik Israel-Palestina, dan resolusi terpisah yang disahkan pada Desember memperbaharui kecaman atas pengakuan sepihak AS atas Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Resolusi yang disahkan tahun ini menyuarakan dukungan yang telah lama terhenti untuk mencapai solusi dua negara untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina sementara secara terpisah mengutuk pendudukan Israel yang berlanjut atas Dataran Tinggi Golan Suriah.

Upaya pimpinan AS untuk mengutuk Hamas, yang digambarkannya sebagai "organisasi teroris," gagal mendapatkan daya tarik yang cukup dalam Majelis Umum.

Resolusi itu dipelopori Nikki Haley, utusan PBB yang akan keluar dari AS. Ia mengatakan PBB mengutuk Israel setidaknya 500 kali selama bertahun-tahun.

 

KEYWORD :

Timur Tengah Yerusalem Palestina PBB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :