Kamis, 25/04/2024 21:19 WIB

Belanda Tangkap Lebih dari 1.500 Aktivis Iklim

Polisi mengatakan mereka telah menggunakan meriam air untuk membubarkan aktivis yang memblokir jalan utama di kota, dan menangkap total 1.579 orang
 

JAKARTA, Jurnas.com - Lebih dari 1.500 orang ditangkap selama protes oleh kelompok iklim Extinction Rebellion di Den Haag pada Sabtu (27/5). Aktivis memblokir bagian jalan raya di pusat kota pada sore hari, sebagai protes terhadap subsidi bahan bakar fosil Belanda.

Polisi mengatakan mereka telah menggunakan meriam air untuk membubarkan aktivis yang memblokir jalan utama di kota, dan menangkap total 1.579 orang. Sebanyak 40 di antaranya akan diadili atas tuduhan termasuk vandalisme.

Polisi mengatakan, salah satu aktivis menggigit seorang polisi selama penangkapannya.

Beberapa selebri Belanda termasuk di antara para pengunjuk rasa, termasuk Carice van Houten, yang terkenal karena perannya sebagai Melisandre dalam serial TV terkenal "Game of Thrones".

Kantor berita Belanda ANP melaporkan bahwa dia ditangkap tetapi kemudian diizinkan pulang. Laporan tersebut tidak merinci apakah dia termasuk di antara mereka yang akan dituntut.

Menurut ANP, Protes menandai yang ketujuh yang diselenggarakan oleh Extinction Rebellion di daerah Den Haag ini, tetapi sejauh ini jumlah orang yang ditangkap tertinggi.

Kelompok kampanye lingkungan dalam beberapa tahun terakhir telah menarik perhatian media melalui gangguan, menabrak jalan, bandara dan jaringan transportasi umum lainnya dengan protes aksi langsung terhadap perubahan iklim.

Bulan lalu, itu memulai aksi empat hari di London, menjanjikan lebih sedikit gangguan dan lebih banyak inklusi daripada blokade massal yang telah menjadi ciri khasnya.

Sumber: Al Jazeera

KEYWORD :

Subsidi Bahan Bakar Fosil Belanda Aktivis Lingkungan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :