Sabtu, 27/04/2024 11:23 WIB

Isu Kemerdekaan, Pique Siap Mundur dari Timnas Spanyol

Pihak klub pun mengambil keputusan untuk melangsungkan pertandingan, namun digelar tanpa penonton. Pertandingan sendiri pada akhirnya dimenangi Barca 3-0 meski tanpa dukungan suporternya.

Fans Barcelona

Jakarta - Publik Catalunya memanas menyusul rencana referendum kemerdekaan yang dilayangkan kepada pemerintah Spanyol. Bahkan ribuan warga Katalan bentrok dengan aparat kepolisian saat melakukan aksi demo. Hal itu berefek kepada klub-klub yang ada di Laliga, seperti Barcelona

Pada Minggu (01/10), Blaugrana, yang memainkan laga melawan Las Palmas pada hari yang sama di Camp Nou, sempat meminta penundaan pertandingan karena peristiwa tersebut. Tapi upaya itu tak berhasil dan malah diancam pengurangan poin kalau memaksa tak bertanding.

Pihak klub pun mengambil keputusan untuk melangsungkan pertandingan, namun digelar tanpa penonton. Pertandingan sendiri pada akhirnya dimenangi Barca 3-0 meski tanpa dukungan suporternya.

Di akhir laga bek Barcelona Gerard Pique mengungkapkan rasa prihatin soal kekerasan yang dilakukan aparat keamanan terhadap para pemrotes. "Ini sangat sulit tanpa suporter. Setelah apa yang terjadi, ini merupakan pengalaman terburuk saya sebagai pesepakbola profesional. Ini hari yang sulit. Di sana ada keluarga, anak-anak dan kakek-nenek, dan polisi serta garda sipil melakukan intervensi. Orang-orang melakukan protes tanpa kekerasan. Semua orang melihatnya dan akan ada konsekuensi," katanya.

Pemain 30 tahun itu bahkan menyatakan kesiapannya mundur dari timnas Spanyol jika dianggap bersalah jika memberi dukungan terhadap aksi referendum tersebut, mengingat isu referendum saja sudah membuatnya dikritik sana-sini.

"Saya tahu bahwa ada orang-orang di Spanyol yang mengutuk apa yang telah terjadi dan juga percaya pada demokrasi. Jika manajer atau direktur federasi (RFEF) berpikir bahwa saya adalah masalah bagi tim nasional, saya akan mundur sebelum Piala Dunia (2018)," ungkap mantan bek MU. 

KEYWORD :

Pique Barcelona Spanyol Catalunya




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :