Selasa, 07/05/2024 19:16 WIB

Mahasiswa Memblokir Universitas Sciences Po Paris karena Perang Gaza

Mahasiswa Memblokir Universitas Sciences Po Paris karena Perang Gaza

Seorang pemuda bertopeng mengambil bagian dalam pendudukan gedung Universitas Sciences Po di Paris, Prancis, Prancis, 26 April 2024. REUTERS

PARIS - Para mahasiswa memblokir akses ke universitas Sciences Po yang bergengsi di Paris karena perang di Gaza pada hari Jumat. Mereka menuntut lembaga tersebut mengutuk tindakan Israel, dalam sebuah protes yang menggemakan demonstrasi serupa di kampus-kampus AS.

Sambil meneriakkan dukungan mereka terhadap Palestina, para mahasiswa mengibarkan bendera Palestina di jendela dan di pintu masuk gedung. Beberapa di antara mereka mengenakan jilbab keffiyeh hitam-putih yang menjadi lambang solidaritas terhadap Gaza.

“Ketika kita melihat apa yang terjadi di Amerika Serikat, dan sekarang di Australia, kami benar-benar berharap hal ini akan terjadi di Perancis, dunia akademis harus mengambil peran,” kata Hicham, 22 tahun, seorang lulusan master. mahasiswa studi hak asasi manusia dan kemanusiaan di Sciences Po.

Para mahasiswa, katanya, ingin Sciences Po mengutuk tindakan Israel.
“Kami berharap hal ini akan menyebar ke semua universitas dan sekitarnya… kami tidak akan menyerah sampai genosida di Gaza berakhir,” kata Zoe, 20 tahun, seorang mahasiswa master administrasi publik di Sciences Po.

Direktur sementara Science Po, Jean Basseres, mengutuk blokade gedung tersebut dalam sebuah surat kepada para guru.

Dia membenarkan bahwa pada Rabu malam, polisi memindahkan kelompok mahasiswa pertama, dan menambahkan bahwa dia sekarang sedang berbicara dengan perwakilan mahasiswa untuk mencoba dan menemukan solusi terhadap blokade baru tersebut.

Bentrokan baru antara polisi dan mahasiswa yang menentang perang Israel di Gaza terjadi di kampus-kampus Amerika pada hari Kamis, menimbulkan pertanyaan tentang metode kekerasan yang digunakan untuk menghentikan protes yang meningkat sejak penangkapan massal di Universitas Columbia pekan lalu.

Israel telah membunuh sedikitnya 34.305 warga Palestina dalam serangannya di Gaza, kata otoritas kesehatan di wilayah kantong tersebut pada hari Kamis. Israel membalas serangan Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan 1.200 orang dan menyebabkan 253 orang disandera, menurut penghitungan Israel.

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Protes Mahasiswa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :