Minggu, 16/06/2024 21:41 WIB

Latihan Perang di Sekitar Taiwan, China Kirim Hukuman atas Pelantikan Presiden Lai

Latihan Perang di Sekitar Taiwan, China Kirim Hukuman atas Pelantikan Presiden Lai

Sebuah pesawat C-130 Angkatan Udara Taiwan lepas landas di Pangkalan Udara Hsinchu di Hsinchu, Taiwan 23 Mei 2024. REUTERS

BEIJING - Tiongkok yang marah melancarkan latihan "hukuman" di sekitar Taiwan pada hari Kamis sebagai respons terhadap "tindakan separatis". Mereka mengirimkan pesawat tempur bersenjata lengkap dan melakukan serangan tiruan ketika media pemerintah mengecam pelantikan baru Presiden Lai Ching-te.

Latihan tersebut, di Selat Taiwan dan di sekitar kepulauan yang dikuasai Taiwan yang terletak di sebelah pantai Tiongkok, dilakukan hanya tiga hari setelah Lai menjabat, seorang pria yang dibenci Beijing karena dianggap sebagai “separatis”.

Tiongkok, yang memandang Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai wilayahnya sendiri, mengecam pidato pelantikan Lai pada hari Senin, di mana ia meminta Tiongkok untuk menghentikan ancamannya dan mengatakan kedua sisi selat itu “tidak saling tunduk”. Pada hari Selasa, Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi menyebut Lai "memalukan".

Lai telah berulang kali menawarkan pembicaraan dengan Tiongkok tetapi ditolak. Dia mengatakan hanya rakyat Taiwan yang bisa menentukan masa depan mereka, dan menolak klaim kedaulatan Beijing.

Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) mengatakan pihaknya telah memulai latihan militer gabungan, yang melibatkan angkatan darat, angkatan laut, angkatan udara, dan kekuatan roket, di wilayah sekitar Taiwan pada pukul 7:45 pagi (2345 GMT).

Latihan tersebut dilakukan di Selat Taiwan, utara, selatan dan timur Taiwan, serta daerah sekitar pulau Kinmen, Matsu, Wuqiu dan Dongyin yang dikuasai Taiwan, kata komando itu dalam sebuah pernyataan.

Media pemerintah Tiongkok mengatakan Tiongkok mengirimkan puluhan jet tempur yang membawa rudal aktif, dan melakukan serangan tiruan, bersama dengan kapal perang, terhadap sasaran militer bernilai tinggi.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengecam latihan tersebut, dengan mengatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan pasukan ke daerah sekitar pulau tersebut, bahwa pertahanan udara dan pasukan rudal berbasis daratnya sedang melacak sasaran, dan bahwa Taiwan yakin dapat melindungi wilayahnya.

“Peluncuran latihan militer pada kesempatan ini tidak hanya tidak berkontribusi pada perdamaian dan stabilitas Selat Taiwan, tetapi juga menyoroti mentalitas militeristik (Tiongkok),” kata kementerian tersebut.

Kantor kepresidenan Taiwan menyatakan penyesalannya atas tindakan Tiongkok yang mengancam kebebasan demokrasi serta perdamaian dan stabilitas regional dengan “provokasi militer sepihak”, namun mengatakan masyarakat dapat yakin bahwa Taiwan dapat menjamin keamanannya.

Stasiun televisi pemerintah Tiongkok, CCTV, mengatakan pidato pelantikan Lai "sangat berbahaya" dan tindakan balasan Tiongkok "sah, sah, dan perlu".

Pidato Lai merupakan pengakuan atas keinginan Taiwan untuk merdeka dan merusak perdamaian dan stabilitas di selat tersebut, katanya.
Masa depan Taiwan hanya dapat ditentukan oleh 1,4 miliar penduduk Tiongkok, bukan hanya 23 juta penduduk Taiwan, tambahnya.

Seorang pejabat senior Taiwan, yang berbicara secara anonim karena sensitifnya masalah ini, mengatakan kepada Reuters bahwa latihan tersebut adalah bagian dari skenario yang telah diantisipasi Taiwan dan bahwa pemerintah pulau tersebut memiliki “pemahaman komprehensif” terhadap pergerakan militer Tiongkok.

Para pejabat Taiwan mengatakan menjelang pelantikan bahwa mereka mengawasi pergerakan militer Tiongkok. Tiongkok terakhir kali menggelar latihan perang skala besar di dekat Taiwan pada tahun 2023 dan 2022.

Latihan tersebut fokus pada patroli kesiapan tempur gabungan laut-udara, serangan presisi terhadap sasaran-sasaran utama, dan operasi terpadu di dalam dan di luar rangkaian pulau untuk menguji “kemampuan tempur gabungan sesungguhnya” dari pasukan tersebut, kata militer Tiongkok.

“Ini juga merupakan hukuman berat atas tindakan separatis pasukan kemerdekaan Taiwan dan peringatan keras terhadap campur tangan dan provokasi kekuatan eksternal,” tambah komando tersebut.

Media pemerintah Tiongkok menerbitkan peta zona latihan, di lima wilayah di sekitar Taiwan dan pulau-pulau yang dikuasai Taiwan di dekat pantai Tiongkok.

Pejabat Taiwan mengatakan kepada Reuters bahwa wilayah tersebut berada di luar zona tambahan Taiwan, yaitu 24 mil laut dari pantai pulau utama.

Salah satu pejabat mengatakan Tiongkok belum mengumumkan zona larangan terbang, dan Taiwan juga tidak mengamati adanya pergerakan besar-besaran pasukan darat dan roket Tiongkok.

Su Tzu-yun, peneliti di lembaga pemikir militer terkemuka Taiwan, Institut Penelitian Pertahanan dan Keamanan Nasional, mengatakan bahwa meskipun latihan tersebut hanya akan berlangsung dua hari, cakupannya lebih besar dibandingkan latihan sebelumnya, karena latihan tersebut mencakup pulau-pulau terpencil Taiwan.

Hal ini dirancang untuk menunjukkan kemampuan Tiongkok dalam mengendalikan lautan dan mencegah keterlibatan pasukan asing, tambahnya.

“Sinyal politik di sini lebih besar dibandingkan sinyal militer,” katanya ditambahkan.

Tidak ada tanda-tanda peringatan di Taiwan, karena masyarakatnya sudah lama terbiasa dengan aktivitas militer Tiongkok. Indeks saham acuan (.TWII), membuka tab baru, saat ini berada pada level tertinggi dalam sejarah, naik 0,2% pada Kamis pagi.

“Latihan ini akan memiliki dampak psikologis jangka pendek, namun tidak akan membalikkan tren kenaikan saham Taiwan dalam jangka panjang,” kata wakil presiden Mega International Investment Services Alex Huang.

Seorang pejabat bank sentral mengatakan kepada Reuters bahwa pasar valuta asing beroperasi seperti biasa, tanpa masuk atau keluarnya modal asing secara tidak normal.

Pada bulan Agustus 2022, Tiongkok melancarkan latihan militer dengan peluru tajam di sekitar Taiwan segera setelah kunjungan mantan Ketua DPR AS Nancy Pelosi, yang banyak dikutuk oleh Beijing. Rangkaian latihan tersebut, yang skalanya belum pernah terjadi sebelumnya, berlangsung selama empat hari, diikuti dengan latihan tambahan selama beberapa hari.

KEYWORD :

China Taiwan Latihan Militer Kelompok Separatis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :