Kamis, 16/05/2024 05:21 WIB

Menteri PUPR Ajak Masyarakat Tingkatkan Pengelolaan Air

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengajak masyarakat meningkatkan pengelolaan air.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (Foto istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengajak masyarakat meningkatkan pengelolaan air. Hal ini disampaikan dalam perayaan puncak Hari Air Dunia ke-32 pada Senin (29/4) di Jakarta.

Dalam sambutannya, Basuki mendorong implementasi program pemulihan ekosistem Daerah Aliran Sungai (DAS) seperti Citarum Harum di seluruh sungai yang ada di Pulau Jawa. Pasalnya, Jawa merupakan pulau terpadat di Indonesia.

"Kedua, saya ingin mengajak kita semua meningkatkan kemampuan mengelola air (water management) di Indonesia. BMKG kita sudah bisa memprediksi dengan tepat, sehingga harus kita manfaatkan untuk mempersiapkan apa yang harus kita lakukan dalam pengelolaan sumber daya air di musim penghujan dan kemarau," kata dia.

Direktur Jenderal SDA Bob Arthur Lombogia menerangkan, peringatan Hari Air Dunia juga dilakukan oleh BBWS/ BWS di seluruh Indonesia, serta penanaman pohon produktif dengan total 17.419 pohon.

"Dilakukan pula lomba Karya Ilmiah Bidang SDA bagi pelajar SMA sederajat dengan total 1.044 makalah yang terkumpul. Lalu, lomba TikTok yang mengangkat tema `Air untuk Dunia` dengan 525 peserta," ujar Bob.

Acara puncak Hari Air Dunia ke-32 juga diisi dengan pengukuhan anggota Dewan SDA Nasional Periode 2024-2029 dari unsur nonpemerintah, serta pengukuhan Himpunan Profesional Pengelola Sumber Daya Air (Himpesda).

Akan ditetapkan pula pemenang dari lima finalis Lomba Karya Ilmiah Bidang SDA dengan tema `Air Untuk Kemakmuran Bersama` Tingkat SMA/SMK secara nasional. Juga, penyampaian hasil konsultasi pemangku kebijakan dan pemilik kepentingan pada acara Forum Air Indonesia ke-5 oleh Kemitraan Air Indonesia.

KEYWORD :

Basuki Hadimuljono Hari Air Dunia Kementerian PUPR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :