Senin, 29/04/2024 23:58 WIB

Menteri PUPR Pastikan Tol Bocimi Bisa Dilalui Besok

Sehingga diupayakan pada hari Kamis (11 April) sudah dapat dibuka satu lajur fungsional sebagai cadangan kalau terjadi kemacetan di jalur nasional. Nanti untuk teknisnya akan diatur oleh pihak kepolisian.

Perbaikan tol Bocimi. (Foto: Dok. PUPR)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menginformasikan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) di KM 64+600 A yang mengalami longsor, diupayakan sudah bisa dilalui, mulai Kamis besok.

Kendati begitu, menurut dia, jalan yang akan dibuka hanya satu jalur. 

"Sehingga diupayakan pada hari Kamis (11 April) sudah dapat dibuka satu lajur fungsional sebagai cadangan kalau terjadi kemacetan di jalur nasional. Nanti untuk teknisnya akan diatur oleh pihak kepolisian," kata Basuki, dikutip Rabu (10/4). 

Menurut dia, penanganan sementara, dilakukan dengan pemasangan tiang pancang (sheet pile) untuk memperkuat bagian timbunan jembatan yang longsor, dan selesai pada Selasa malam, 9 April 2024. 

"Alhamdulillah, 45 sheetpile yang ada di bagian bawah struktur tol sudah terpasang semua untuk menahan longsor, kemudian yang di bagian atas akan dipasang 60 sheetpile lagi. Sampai siang (Selasa) sudah terpasang 37 buah sheetpile," ujarnya. 

Jika semua sheetpile terpasang lanjut Basuki, berikutnya dilakukan pembersihan badan jalan. 

Adapun untuk penanganan permanen,  Basuki mengatakan akan dilakukan setelah periode Mudik Lebaran 2024. 

"Berhubung libur Lebaran, setelah H+3 Lebaran material baru bisa datang lagi. Kita mulai kerja untuk penanganan permanen dan akan kita upayakan selesai dalam waktu sekitar dua hingga tiga bulan," ujar Basuki.

 

KEYWORD :

Kementerian PUPR Tol Bocimi Basuki Hadimuljono longsor




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :