Kamis, 16/05/2024 13:18 WIB

Gus Halim Ajak Desa di Daerah Pertambangan Optimalkan Hortikultura

Gus Halim Ajak Desa di Daerah Pertambangan Optimalkan Hortikultura

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menghadiri pesta adat Murok Jerami atau panen raya di Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka, Senin (29/4/2024). (Foto: Humas Kemendes PDTT)

BANGKA TENGAH, Jurnas.com - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meminta desa di kawasan pertambangan mengoptimalkan sektor hortikultura.

Menteri yang akrab disapa Gus Halim ini menyampaikan hal itu saat menghadiri pesta adat Murok Jerami atau panen raya di Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka, Senin (29/4/2024).

Gus Halim menceritakan pengalamannya ketika mengunjungi desa-desa di daerah pertambangan. Hampir di seluruh daerah pertambangan tersebut warga desanya tidak ada yang kaya. Warga yang kaya justru di Jakarta.

“Tapi kalau pertanian, itu Jakarta enggak ikut kaya, yang kaya hanya orang-orang desa, petani-petani di desa. Di Kalimantan batu bara luar biasa, tapi siapa yang kaya? Orang Jakarta, bukan orang Kalimantan,” ujar Gus Halim.

Oleh karena itu, Gus Halim mengajak desa-desa di daerah pertambangan untuk mengoptimalkan yang tampak di luar atau hortikultura, bukan yang di bawah tanah atau pertambangan.

“Apa pun gerakan bawah tanah itu tidak bagus ya. Apa pun gerakan bawah tanah itu enggak bagus, tidak akan membawa kesejahteraan pada masyarakat sekitarnya,” ungkap Gus Halim.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung, Safrizal Zakaria Ali juga mengajak desa-desa di wilayahnya untuk memajukan sektor hortikultura.

Menurutnya, sektor hortikultura adalah masa depan Indonesia. Oleh karena itu, ia meminta kepada kepala desa untuk menyisihkan dana desa untuk digunakan pada sektor hortikultura.

“Kepala Desa di Kepulauan Bangka Belitung tolong dana desa disisihkan untuk memajukan sektor hortikultura ini. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi. Alhamdulillah dengan kedatangan Pak Menteri kita tambah semangat untuk memajukan sektor hortikultura,” ungkap Safrizal.

Dalam kesempatan itu juga, Gus Halim meresmikan restoran pariwisata dan meresmikan sarana dan prasarana desa berupa toilet dan gudang penggilingan padi.

Turut hadir dalam kegiatan ini yakni Dirjen PDP Sugito, Kaban BPSDM Luthfiyah Nurlaela, Ketua DPRD Babel Herman Suhadi, Kapolda Babel Irjen Pol Tornagogo Sihombing, Plh Kajati Babel Riyono, Danrem 045/Gaya Babel Brigjen TNI Agustinus Dedy Prasetyo.

Selain itu, hadir juga Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman, Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Erwin Herdianto, Danlanud Babel Letkol Pnb Dian Bashari, Kabinda Babel Jusak Tarigan, KPT Babel Suwidya.

KEYWORD :

Kinerja Menteri Desa Gus Halim Desa Pertambangan Hortikultura Kemendes PDTT




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :