Selasa, 21/05/2024 06:39 WIB

AirAsia Indonesia Buka Rute Penerbangan Jakarta-Kota Kinabalu

Rute Jakarta-Kota Kinabalu akan terbang perdana pada tanggal 6 Februari 2024 dengan frekuensi sebanyak 3x dalam seminggu

Pesawat AirAsia terlihat diparkir di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2. (Foto: Reuters)

Jakarta, Jurnas.com - PT AirAsia Indonesia Tbk. (CMPP) maksimalkan menjaring wisatawan asal Malaysia dengan membuat rute penerbangan yang baru.

Head of Government Relations & Corporate Communications AirAsia Indonesia, Eddy Krismeidi Soemawilaga mengatakan rute penerbangan langsung Jakarta-Kota Kinabalu, Malaysia itu akan beroperasi pada 6 Februari 2024. Rute itu menjadi rute internasional pertama pada tahun 2024.

"Rute ini sekaligus menandai komitmen Indonesia AirAsia untuk mendukung pemerintah Indonesia dan Malaysia khususnya negara bagian Sabah dalam meningkatkan konektivitas dan mendorong peningkatan dalam sektor pariwisata," ujar Eddy, Senin, (29/1/2024).

Rute Jakarta-Kota Kinabalu akan terbang perdana pada tanggal 6 Februari 2024 dengan frekuensi sebanyak 3x dalam seminggu yaitu pada Selasa, Kamis dan Sabtu menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 penumpang.

Lebih lanjut dia mengatakan, rute baru yang akan dioperasikan ini merupakan rute internasional ke-5 yang menghubungkan Jakarta ke negara bagian Malaysia di antaranya Kuala Lumpur, Penang, Johor Bahru dan Kuching yang diluncurkan tahun lalu dengan jumlah keterisian 100% untuk penerbangan perdana rute Jakarta-Kuching.

Adapun, mengacu data Sabah Tourism Board mencatat kunjungan turis Indonesia ke Sabah selama periode Januari- November tahun 2023 sebanyak 78.693 kunjungan. Sementara selama tahun 2022 sebanyak 35.982 kunjungan.

Dari data tersebut, selama setahun jumlah wisatawan dari Indonesia menuju Sabah, Malaysia mengalami peningkatan sebesar 147,8% seiring dengan pulihnya sektor pariwisata di kedua negara.

Begitu pun sebaliknya, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, wisatawan asal Malaysia menduduki peringkat pertama sebagai wisatawan mancanegara terbanyak selama periode Januari-November 2023 yang paling banyak mengunjungi Indonesia dengan total 15,73% atau sebanyak 1,63 juta wisatawan.

 

KEYWORD :

AirAsia Indonesia Jakarta-Kota Kinabalu




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :